Panwaslu Minta Tim Pemenangan Paslon Gubernur Segera Turunkan Alat Peraga Kampanye

Mustaan menjelaskan, pemasangan alat peraga kampanye akan ditentukan oleh KPU berdasarkan Peraturan KPU nomor 04 tahun 2017

Panwaslu Minta Tim Pemenangan Paslon Gubernur Segera Turunkan Alat Peraga Kampanye
Iinilah.com
Ilustrasi Pemilukada

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kapuas Hulu telah menyurati partai politik pendukung, pengusung dan tim sukses calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar tahun 2018, untuk segera menurunkan alat peraga kampanye.

"Kami sudah menyuruti sejak tanggal 12 Februari 2018, dan seharusnya sebelum tanggal 15 Februari 2018, mereka sudah menurunkan alat peraga kampanye. Namun hingga sekarang banyak belum diturunkan," ujar  Ketua Panwaslu Kapuas Hulu Mustaan kepada wartawan, Kamis (15/2/2018).

Baca: Asrama Mahasiswa Kapuas Hulu Memprihatinkan, Ini Keluhan Penghuni pada Pemerintah

Mustaan menjelaskan, pemasangan alat peraga kampanye akan ditentukan oleh KPU berdasarkan Peraturan KPU nomor 04 tahun 2017, tentang kampanye, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil walikota.

Baca: Ada Akun Facebook M Nasir, Bupati Kapuas Hulu Kaget

"Bahwa sesuai ketentuan seharusnya,vseluruh alat peraga kampanye harus sudah bersih sebelum masa kampanye dimulai minimal pada 15 Februari 2018. Jadi
yang memiliki kewenangan menurunkan alat peraga kampanye adalah, KPU bersama dengan Sat Pol PP," ucapnya.

Sedangkan Panwaslu kata Mustaan, sifatnya hanya menyurati agar alat peraga kampanye diturunkan sesuai ketentuan.

"Kami harapkan semua alat peraga kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar segera dibersihkan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Putussibau Selatan Baharudin menyatakan masih banyak alat peraga kampanye diwilayahnya belum diturunkan.

"Kami sudah koordinasi ke PPK terkait hal tersebut, namun PPK belum ada pengunjuk dari atasan mereka. Kami hanya bisa meneruskan," ujarnya.

Menurutnya, mungkin pihak PPK masih sibuk mengurus Coklit, sehingga belum sempat menurunkan alat peraga kampanye tersebut.

"Pastinya hasil pantauan kami dilapangan, masih banyak alat peraga kampanye Paslon gubernur dan wakil gubernur belum diturunkan oleh tim pemenangan Paslon," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help