Dandim 1201/Mph Harap Peran Semua Unsur Masyarakat Tangani Karhutla

Ia mengatakan pemkab bisa segera mengaktifkan potensi untuk menanggulangi bencana karhutla. Seperti kelompok masyarakat peduli api.

Dandim 1201/Mph Harap Peran Semua Unsur Masyarakat Tangani Karhutla
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Dandim 1201/Mph Letkol Arm Anom Wirasunu saat memantau proses pemadaman api di Desa Sebukit Rama, Selasa (13/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Komandan Kodim 1201/Mph Letkol Arm Anom Wirasunu mengatakan dalam rangka antisipasi bencana asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan diharapkan seluruh unsur masyarakat dapat terlibat aktif mengambil peran.

Mengingat mulai terpantaunya beberapa lokasi kebakaran lahan di sejumlah daerah di Mempawah dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Baca: Pemkab Mempawah Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Asap

“Keterlibatan masyarakat juga penting. Termasuk juga keterlibatan dari pemerintah kabuapaten,” ujarnya meninjau lokasi kebarakan lahan yang masih terjadi desa Pasir, Kamis (15/2/2018) malam

Ia mengatakan pemkab bisa segera mengaktifkan potensi untuk menanggulangi bencana karhutla. Seperti kelompok masyarakat peduli api.

Baca: Kapolres: Kabakaran Lahan di Mempawah Disebabkan oleh Alam

“Jangan menunggu kerbakar luas baru bergerak. Kebakaran lahan yang kecil yang terdektsi lebih dahulu akan lebih mudah ditanggulangi dari pada harus menanggulangi kebakaran yang lebih besar,” ujarnya.

Ia mengatakan jika dalam waktu dekat SOP antisipasi karhutla ke pemkab mempawah juga belum dibuat. Pihaknya nanti akan mengundang seluruh komponen untuk rapat ke kodim.

“Biar saya yang undang ke kodim saya akan berusaha dorong untuk susun rencana penanganan karhutla yang bisa jadi pedoman semua pihak baik dari pemda, BPBD, kodim, Polres, Camat, Kades dan unsur masyarakat lainya,” ujarnya.

Dengan demikian, menurutnya gekarkanya akan lebih terkoodiri dengan benar dan efektif.

“Harapannya kerja yang dengan segala keterbatasan yang dimiliki bisa efektif dan efisien,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved