Pilgub Kalbar

Polda Kalbar Akan Tindak Tegas Pelaku Politik Uang dan Politisasi SARA

Ia mengakui isu praktik politik uang sering didengar ketika Pilkada. Politik uang selalu mewarnai Pilkada Serentak...

Polda Kalbar Akan Tindak Tegas Pelaku Politik Uang dan Politisasi SARA
NET
Money Politics atau politik uang

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Mewakili Kapolda Kalbar, Direskrimum Polda Kalbar Kombes Pol Arif Rachman menegaskan akan tindak tegas pelaku politk uang atau money politics dan Politisasi Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) pada kontestasi Pilkada Kalbar 2018.

“Polda Kalbar sesuai perintah Kapolri sudah bentuk Satuan Tugas Politik Uang atau Money Politics yang akan melakukan penindakan secara hukum terhadap politik uang pada sesetiap tahapan Pilkada yang berlangsung,” ungkapnya Deklarasi Tolak & Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berkualitas di Hotel Orchardz, Jalan Gajahmada, Kota Pontianak, Rabu (15/2/2018) sore.

Ia mengakui isu praktik politik uang sering didengar ketika Pilkada. Politik uang selalu mewarnai Pilkada Serentak.

Baca: Tolak Politik Uang, Sutarmidji Janjikan Imbalan Bagi Penangkap Penjual Suara

Khusus politisasi SARA, Polda Kalbar sudah membentuk Satuan Tugas Cyber Crime.

“Satgas Cyber Crime akan memantau perkembangan situasi media sosial yang saat ini sebagai keniscayaan di Indonesia dan dunia sebagai sarana komunikasi masyarakat,” terangnya.

Upaya penindakan atau represif hukum dipertimbangkan agar tercipta situasi kondusif. Sasaran operasi sudah dibagi berbagai tahapan mulai dari tahapan pendaftarab ampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainnya.

”Semoga pilkada dapat dapat berjalan lancar dan aman sehingga bisa menghasilkan kepala daerah yang punya kompetensi, integrasi dan kapabiltas sesuai harapan kita bersama. Kami imbau semua dan masyarakat Kalbar berdemokrasi secara elegan dan etis,” katanya.

Ia menyambut baik deklarasi yang dilakukan Bawaslu sebagai langkah sangat strategis bagi semua daerah guna mewujudkan pemilu demokratis dalam proses demokrasi sekarang ini.

“Melalui pilkada maka keadilan rakyat dapat diwujudkan guna memilih dan menentukan pimpinan dan wakil rakyat, yang akan membawa masyarakat menuju tujuan dan cita-cita yang diinginkan,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved