TribunPontianak/

Citizen Reporter

Persiapkan UNBK, Siswa SMPN 5 Pontianak Lakukan Simulasi

“Selama dua hari ini yakni Rabu dan Kamis para siswa mengikuti simulasi 2 yang terbagi menjadi 3 sesi per hari”, ujarnya.

Persiapkan UNBK, Siswa SMPN 5 Pontianak Lakukan Simulasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Siswa SMPN 5 Pontianak mengikuti simulasi 2 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 14-15 Februari 2018. 

Citizen Reporter

Fikrul Setiawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 55 sekolah SMP/MTs di Kota Pontianak pada tahun 2018 ini akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), salah satunya yang memastikan kesiapannya SMPN 5 Pontianak.

Hal tersebut disampaikan oleh Hj. Rozani Nofelinda, S.Pd, M.Pd saat ditemui diruang kerjanya pada Rabu (14/2/2018).

Ia mengatakan untuk Ujian Nasional yang diselenggarakan pada 23-26 April 2018 nanti untuk sekolah yang dipimpinnya saat ini sudah terdaftar di Kemdikbud dan ia sudah mengirim pernyataan kesiapannya.

Baca: Rapat Kerja Terlaksana, Kades dan BPD Diminta Pahami Tata Kelola Pemerintahan Desa

“Selama dua hari ini yakni Rabu dan Kamis para siswa mengikuti simulasi 2 yang terbagi menjadi 3 sesi per hari”, ujarnya.

Sebelum simulasi ini para siswa sudah dilatih mengerjakan soal-soal melalui komputer sejak mereka kelas 8 hingga kelas 9, sehingga untuk tata cara penggunaan aplikasi ujian dari puspendik siswa-siswi sudah memahami.

Baca: Dilantik Sebagai Pjs Wali Kota Pontianak, Inilah Sosok Pengganti Tugas Sutarmidji 4 Bulan Kedepan

Untuk menghadapi UNBK ini sekolah memiliki beberapa program, seperti ada jam tambahan belajar disekolah (bimbingan belajar), memantau belajar siswa melalui kelompok belajar yang dibantu orangtua siswa, melakukan uji coba (try out) sebanyak dua kali kemudian mengadakan zikir (doa bersama).

“Setelah siswa mengikuti simulasi 2 ini, pada tanggal 19-22 Februari dan 5-8 Maret mereka mengikuti try-out juga menggunakan komputer untuk empat mata pelajaran yang diujikan di UNBK, kemudian baru mengikuti simulasi 3”, ungkapnya.

Pada ujian tahun ini akan diikuti sebanyak 244 orang siswa, dengan memanfaatkan 2 komputer server utama dan 1 server cadangan serta disiapkan sebanyak 82 komputer untuk siswa sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

“Kita juga telah melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa baik terkait dengan persiapan simulasi, try out maupun untuk ujian nasional, semoga ujian dengan menggunakan sistem komputer ini dapat mendapatkan hasil tes yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help