Kapuas Hulu Sudah Siap UN Berbasis Komputer

Disdikbud Kabupaten Kapuas Hulu siapkan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer

Kapuas Hulu Sudah Siap UN Berbasis Komputer
TRIBUNFILE/ISTIMEWA

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyatakan, untuk persiapan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer tingkat SMA di Kapuas Hulu sudah siap 100 persen.

Karena sudah melakukan simulasi-simulasi ujian berbasis komputer tersebut, di setiap daerahnya masing-masing.

Baca: TKW Indonesia Tewas Mengenaskan di Malaysia, Dipaksa Majikannya Tidur dengan Anjing

"Kalau untuk ujian berbasis komputer tingkat SMP di Kapuas Hulu sendiri, kita baru bisa melaksanakan hanya tiga sekolah yaitu, SMP Negeri 1 Putussibau, SMP Karya Budi Putussibau, dan SMP Setia Putussibau. Sedangkan SMP lainnya, ujian masih menggunakan pensil," ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/2/2018).

Untuk kedepannya tahun 2019, Disdikbud berkomitmen ujian berbasis komputer tingkat SMP di Kapuas Hulu akan diperbanyak, sesuai dengan tuntutan sekarang ini.

"Kementerian Pendidikan juga sudah melakukan kerjasama dengan Kementerian Kominfo, untuk memastikan seluruh satuan pendidikan sudah ada sinyal internet yang baik," ucapnya.

Menurutnya, 2019 tidak ada alasan lagi bagi daerah-daerah yang tidak menyelenggarakan ujian berbasis komputer ditingkap SMP tersebut.

Baca: Kapolres Sintang Ajak Perangi Politik Uang dan SARA di Pilgub 2018

"Pendidikan ini tidak hanya dilaksanakan oleh orang pendidikan saja, karena harus bekerjasama dengan pihak terkait, seperti bagaimana Kominfo menyiapkan sarapan prasarana komunikasi yang ada," jelasnya.

Petrus Kusnadi juga mengakui, pelaksanaan ujian nasional yang berbasis komputer, dalam jangka panjang bahwa dari segi biaya jauh lebih murah.

"Begitu juga masalah kejujuran serta manipulasi dan segala macam pasti terjamin, karena beberapa detik nilainya langsung kelihatan," ungkapnya.

Yuk Follow Instagram Tribunpontianak.co.id

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help