Terhitung Desa Terluas di Landak, Amboyo Selatan Maksimalkan Dana Desa Untuk Infrastruktur

Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, tercatat sebagai Desa terluas di Kabupaten Landak dibandingkan dengan 156 Desa lainnya.

Terhitung Desa Terluas di Landak, Amboyo Selatan Maksimalkan Dana Desa Untuk Infrastruktur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Kades Amboyo Selatan Djogi Kelana. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, tercatat sebagai Desa terluas di Kabupaten Landak dibandingkan dengan 156 Desa lainnya yang tersebar di 13 Kecamatan.

Maka dari itu, Desa yang terdiri dari 15 Dusun tersebut, skala prioritasnya dalam penggunaan anggaran dana Desa difokuskan untuk membangun infrastruktur.

Sedangkan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), saat ini memang belum bisa terealisasi. Mengingat minimnya anggaran, jika pun dibentuk harus menyesuaikan situasi dan kondisi di Desa.

"Masalah Bumdes, di Amboyo Selatan sebenarnya kita siap. Tetapi dari segi tipologi, daerah kami ini banyak perusahaan perkebunan. Jadi kalau ada Bumdes tentunya di bidang jasa," ujar Kepala Desa (Kades) Amboyo Selatan Djogi Kelana pada Selasa (13/2).

Lanjutnya lagi, bidang jasa yang dimaksud seperti memiliki angkutan seperti dump truk atau sejenisnya dan bekerjasma dengan pihak perusahaan. "Tentunya untuk memiliki angkutan harus ada dana cukup besar, jadi kita belum sanggup," katanya.

Diakui Djogi, karena kalau berdasarkan anggaran dana Desa jika disisihkan untuk Bumdes tidak akan bisa. "Harapan kami ke depan, kalau anggaran mencukupi kami akan membuat jasa angkutan. Karena daerah kami banyak perusahaan sawit," terangnya.

Maka dari itu, karena tidak mencukupi anggaran dana Desa tersebut dan harus dibagi-bagikan kepada 15 Dusun. Sehingga fokus ke pembangunan lain. "Jadi sekarang ini kita fokus ke infrastruktur," ungkapnya.

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved