Sikapi Hasil Uji Publik Draf Dapil, Ini Harapan Para Pengurus Parpol

Nurnajah Aini sangat mendorong supaya KPU melakukan pemekaran daerah pemilihan (Dapil) di Kapuas Hulu menjadi 4 dapil

Sikapi Hasil Uji Publik Draf Dapil, Ini Harapan Para Pengurus Parpol
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Anggota DPRD Kapuas Hulu Nurjanah Aini AMd 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menanggapi hasil uji publik draf penataan Daerah Pemilihan (Dapil)  tersebut, Ketua DPC Partai PKS Kapuas Hulu Bacok Maiwa menyatakan PKS merasa sudah menjadi keharusan adanya penataan dapil kabupaten Kapuas Hulu, untuk menjadi 4 dapil.

"Cukup sudah tiga kali pileg di Kapuas Hulu memakai 3 dapil. Maka sangatlah penting untuk penataan dapil menjadi 4 dapil, karena masalah rentang kendali jarak antara kecamatan terlalu jauh dan luas," ujarnya, Selasa (13/2/201).

Menurutnya, 3 dapil saat ini pembinaan konstituen bagi calon legislatif terpilih jadi tidak maksimal, dan tidak merata perhatian pembangunannya.

"Kita sangat berharap KPU RI merubah menjadi 4 dapil, untuk Pileg tahun 2019 mendatang," ungkapnya.

(Baca: RSUD Sekadau Musnahkan Obat dan Barang Habis Pakai, Tonton Videonya )

Anggota DPRD Kapuas Hulu dari Partai NasDem Nurnajah Aini sangat mendorong supaya KPU melakukan pemekaran daerah pemilihan (Dapil) di Kapuas Hulu menjadi 4 dapil. Dengan pertimbangan adalah untuk restorasi peta politik Kapuas Hulu.

"Selain restorasi peta politik, juga mempermudah monitoring perdapil ke masyarakat. Tak kalah penting yaitu memperkecil biaya transportasi, untuk para calon legislator nantinya, yang akan bertarung di pemilu legislatif kedepannya," ujarnya.

Menurut Nurjanah, dengan luas wilayah kabupaten Kapuas Hulu sudah harusnya dilakukan pemekaran daerah pemilihan menjadi 4 dapil dan tak lagi 3 dapil. "Sekarang kita hanya 30 kursi, diharapkan bisa menjadi 35 kursi, maka harus ada pemekaran dapil," ucapnya.

Nurnajah menyatakan, doronga pemekaran dapil ini kalau pihak sudah pernah melakukan koordinasi dan komunikasi baik sesama Parpol, maupun instansi terkait. "Sejauh ini belum ada langkah-langkah secara kongkrit akan memekarkan dapil, hanya sekedar wacana saja," jelasnya.

Namun dalam hal ini kata Nurjanah, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi ke semua Parpol, serta KPU itu sendiri, untuk sama-sama terus mendorong pemekaran dapil. "Diharapkan 2019 sudah menjadi 4 dapil," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help