TribunPontianak/

RSUD Sekadau Musnahkan Obat dan Barang Habis Pakai

Pihak RSUD Kabupaten Sekadau memusnahkan obat-obatan dan alat habis pakai milik rumah sakit, Selasa (13/2/2018).

RSUD Sekadau Musnahkan Obat dan Barang Habis Pakai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Pihak RSUD Kabupaten Sekadau memusnahkan obat-obatan dan alat habis pakai milik rumah sakit, Selasa (13/2). Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan mesin khusus yang terletak di belakang gedung rumah sakit. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Pihak RSUD Kabupaten Sekadau memusnahkan obat-obatan dan alat habis pakai milik rumah sakit, Selasa (13/2/2018).

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan mesin khusus yang terletak di belakang gedung rumah sakit.

Obat-obat dan bahan habis pakai yang telah kadaluarsa itu dimusnahkan untuk melindungi masyarakat dari bahaya disebabkan oleh penggunaan obat dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Sekadau, Slamet mengatakan, ada pun yang dimusnahkan itu terdiri dari obat-obatan dan bahan habis pakai yang sudah kadaluarsa. Pemusnahan tersebut melalui pembakaran dengan insinerator.

“Untuk bahan-bahan yang dimusnahkan sudah expired dari 2013 hingga 2017. Ada obat-obat, sirup dan benda habis pakai lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pemusnahan sendiri tidak dilakukan penjadwalan secara periodek. Pemusnahan sendiri dilakukan ketika barang-barang expired tersebut sudah banyak, untuk dimusnahkan sekaligus.

“Kira-kira ada barang-barang expired sudah banyak, baru dijadwalkan pemusnahannya,” katanya.

Slamet menegaskan, pemusnahan itu khusus untuk barang-barang milik RSUD Sekadau. Biasanya, Dinas Kesehatan juga melakukan pemusnahan barang-barang bekas pakai atau expired.

“Dalam pemusnahan ini melibatkan Dinas Kesehatan, BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Sekadau,” pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help