Pembakaran Lahan Ancam Jaringan Trasmisi PLN

Jika terjadi pembakaran di bawah tower transmisi PLN berpotensi mengurangi kekuatan struktur tower karena panasnya api

Pembakaran Lahan Ancam Jaringan Trasmisi PLN
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISTIMEWA
Kebakaran lahan di dekat Tower Milik PLN sangat mengancarm jaringan transmisi listrik. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Dalam kurun waktu satu pekan ini, pembakaran lahan marak terjadi. Bahkan lahan yang berlokasi di bawah tower jaringan transmisi milik PLN tak luput dari pembakaran oleh oknum yang belum diketahui.

Pembakaran terjadi di bawah tower 150 kV nomor 26 jalur Singkawang-Bengkayang (11/2) dan tower nomor 15 saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV Siantan - Sei Raya.

Pembakaran lahan ini diduga untuk keperluan pembukaan lahan baru mengingat cuaca di Kota Pontianak akhir akhir ini cerah dan tidak terjadi hujan.

Manajer Area Penyaluran dan Pengatur Beban (AP2B) Kalbar, Ricky Faizal, menjelaskan pembakaran lahan di dekat jaringan transmisi PLN dapat mengganggu keandalan suplai listrik ke masyarakat.

(Baca: Tonton Videonya! Aksi Sekelompok Pemuda Tunggangi Sepeda Motor Bikin Ngeri )

"Jika terjadi pembakaran di bawah tower transmisi PLN berpotensi mengurangi kekuatan struktur tower karena panasnya api," ungkapnya.

Dia menambahkan tower bisa tumbang atau bahkan jika mengenai penghantar/kabel tegangan tinggi bisa putus. "Dampaknya bisa mengganggu suplai energi listrik ke konsumen bahkan bisa berakibat pemadaman meluas di seluruh wilayah Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Landak, Bengkayang hingga Sambas. Hal ini tentu bukan hanya merugikan PLN sebagai penyedia energi listrik tetapi juga dapat mengganggu aktivitas masyarakat di seluruh lini," paparnya.

Sementara bila tower transmisi milik PLN tumbang, perbaikannya bisa berhari-hari. Dia menambahkan harapan PLN kepada yang melakukan pembakaran supaya tidak melakukannya lagi apalagi jika pembakaran dilakukan di dekat tower tegangan tinggi.

"Sejauh ini PLN telah bekerjasama dengan aparat, namun untuk di lapangan PLN tetap memerlukan informasi dari masyarakat jika ada kejadian seperti ini (pembakaran lahan di dekat tower transmisi PLN) mohon dilaporkan kepada pihak PLN/aparat. PLN juga secara intensif sudah mengoptimalkan peranan petugas ground patrol (PGP) yang akan terus memonitor kondisi tower & instalasi transmisi," kata Ricky. 

tribunpontianak
instagram.com/tribunpontianak
Penulis: Nina Soraya
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved