KPU Bertanggung Jawab Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Dengan telah ditetapkan pasangan calon dan ditetapkan pula nomor urutnya tentu pasangan calon sudah harus mengikuti seluruh aturan KPU yang berlaku.

KPU Bertanggung Jawab Tingkatkan Partisipasi Pemilih
Logo KPU 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Dr Jumadi menilai dengan telah ditetapkan pasangan calon dan ditetapkan pula nomor urutnya tentu pasangan calon sudah harus mengikuti seluruh aturan KPU yang berlaku.

Berikut analisanya:

Tentu KPU harus bekerja secara profesional apalagi tahapan kampanye telah masuk, jadi KPU sudah semestinya mengawal proses penyelenggaraan Pilkada itu dengan baik. KPU harus memastikan itu, tentu disemua jenjang.

Saat inikan ada lima kabupaten dan ada juga Pilgub. Maka daerah semacam Pontianak ini tentu memiliki beban lebih dalam penyelenggaraannya selain Pilgub juga menyelenggarakan Pilwako.

Ini mesti berjalan dengan baik dan setiap pasangan calon yang telah ditetapkan harus dipastikan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya pemasangan alat peraga dan sebagainya harus mentaati aturan KPU.

Kedua tentu pasangan calon sudah terikat dengan segala aturan yang berlaku.

Setiap pasangan juga harus berkampanye yang sifatnya edukatif bukan yang konfrontatif. Apalagi situasi Kalbar ini masuk kategori kerawanan, jangan sampai berkampanye emosional konfrontatif.

Kalau Pilwako maupun Pilgub tidak ada aturan dua kali putaran, semuanya satu putaran kecuali DKI Jakarta dan Pemilihan presiden.

Jadi untuk Pilwako dan Pilgub diluar DKI tidak ada dua putaran. Dua persen atau satu persenpun selisihnya tetap menang. Walaupun partisipasi rendah, kita berharap partisipasi di Pontianak tinggi.

Untuk menarik partisipasi masyarakat tentu KPU mempunyai tanggung jawab moral untuk mensosialisasikan dan menarik partisipatif masyarakat.

Tapi jangan hanya menunggu dan berharap pada KPU tentu tim sukses, Parpol dan simpatisan serta media masa sangat mempunyai peran penting dalam mengedukasi masyarakat agar menggunakan hak pilihny.

Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help