TribunPontianak/

Pilgub Kalbar

KPU Batasi Dana Kampanye Maksimal Bagi Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan KPU Kalbar dan tim paslon, maksimal dana kampanye adalah Rp 20.004.535.000.

KPU Batasi Dana Kampanye Maksimal Bagi Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat Umy Rifdyawati 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat memberikan batasan maksimal dana belanja kampanye maksimal bagi pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan KPU Kalbar dan tim paslon, maksimal dana kampanye adalah Rp 20.004.535.000.

Baca: TNI, Polri, dan Pol PP Komitmen Amankan Pilkada

"Paling banyak adalah Rp 20.004.535.000. itu hasil rapat koordinasi KPU dan tim paslon," ungkap Ketua KPU Kalbar Umy Rifdyawati kepada Tribun Pontianak, Selasa (13/2/2018).

Umi menerangkan jumlah itu merupakan total dari seluruh dana kampanye yang dikeluarkan masing-masing paslon.

Baca: Usai Cabut Undi Nomor Urut Paslon, Ini Imbauan Pj Gubernur Kalbar

"Paslon tidak boleh melebihi ketentuan maksimal dana kampanye itu. Kalau ternyata total dana kampanye yang dihabiskan di bawah angka maksimal itu dan tidak melebihi. Itu boleh-boleh saja," terangnya.

Baca: Sutarmidji Ungkap Motivasinya Maju Dalam Pilgub Kalbar

Umi menjelaskan masa kampanye untuk masing-masing paslon ini ditetapkan sejak 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Ia mengingatkan ada batasan-batasan yang diatur dalam peraturan terkait sumbangan dana kampanye.

Misalnya, sumbangan dana kampanye dari perseorangan maksimal Rp 75 juta. Sedangkan badan hukum dan partai politik maksimal Rp 750 juta. Sumbangan itu bersifat komulatif sepanjang masa kampanye.

"Nanti, secara keseluruhan belanja kampanye masing-masing paslon akan diaudit oleh kantor akuntan publik yang ditunjuk KPU," tukasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help