TribunPontianak/

Pilgub Kalbar

Ketua KPU Kalbar Beberkan Mekanisme Pencabutan Nomor Urut Paslon Gubernur-Wagub

Itu hasil pengundian nomor urut yang kita lakukan dan saksikan bersama-sama tadi. Sudah ditetapkan dalam SK

Ketua KPU Kalbar Beberkan Mekanisme Pencabutan Nomor Urut Paslon Gubernur-Wagub
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawati membacakan surat penetapan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang lolos saat Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, di Kantor KPU Kalimantan Barat, Jalan Subarkah, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (12/2/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Pasangan perseorangan, Kartius-Pensong dinyatakan tidak lulus oleh KPU karena tidak kurangnya jumlah dan sebaran dukungan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar gelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2018 di Ballroom Hotel Aston, Jalan Gajahmada, Pontianak, Selasa (13/2/2018). 

Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati menerangkan berdasarkan hasil pengundian, paslon nomor urut satu adalah Milton-Boyman. Nomor urut dua adalah Karol-Gidot. Sedangkan, nomor urut 3 adalah Midji-Norsan.

"Itu hasil pengundian nomor urut yang kita lakukan dan saksikan bersama-sama tadi. Sudah ditetapkan dalam SK," ungkapnya, Selasa (13/2/2018). 

(Baca: Pencinta Hewan Sayangkan Keputusan Sirkus Lumba-Lumba, Ini Alasannya )

Umi mengatakan proses pencabutan undi nomor urut berjalan lancar dan tanpa hambatan. Ia memaparkan mekanisme cabut undi dibagi menjadi beberapa tahapan. 

"Ya, pertama itu masing-masing paslon mengambil bola berbentuk telur yang berada di wadah tabung kaca. Di bola itu tertera nomor 1, 2 dan 3," jelasnya. 

Pengambilan bola pertama sebagai urutan untuk menentukan giliran pertama mengambil bola putih di kesempatan kedua. Pada kesempatan kedua sesuai urutan giliran, masing-masing paslon kembali mengambil bola yang memuat simbol-simbol bangun datar seperti lingkaran, segitiga dan persegi. 

(Baca: Beri Dukungan, Masyarakat Lintas Etnis Antar Midji-Norsan Ambil Nomor Urut )

"Simbol itu lalu dicocokkan dengan plakat berisi nomor urut yang memang sudah disediakan sesuai simbol yang didapat. Setelah itu, baru dibuka, itulah nomor urutnya," terangnya. 

Umi menambahkan usai pengundian nomor urut pasangan, KPU tengah bersiap melakukan rapat dan bimbingan teknis bagi Liasion Officer (LO) masing-masing paslon jelang masa kampanye. Hal ini penting guna menyampaikan apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh paslon.

"Kami juga akan menjelaskam terkait aturan kampanye, termasuk besaran dana yang ditentukan saat proses kampanye yang dimulai pada 15 Februari 2018. Ada aturan dana kampanye," tandasnya.

tribunpontianak
instagram.com/tribunpontianak
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help