Bawaslu Kalbar Ingatkan Paslon Tak Lakukan Hal Merugikan 

Pasalnya, sanksi pidana maupun sanksi administrasi berupa teguran bahkan diskualifikasi telah menunggu bagi paslon yang melanggar.

Bawaslu Kalbar Ingatkan Paslon Tak Lakukan Hal Merugikan 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat Ruhermansyah. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Barat, Ruhermansyah mengingatkan para pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat tidak lakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. 

Pasalnya, sanksi pidana maupun sanksi administrasi berupa teguran bahkan diskualifikasi telah menunggu bagi paslon yang melanggar. 

Baca: Detik-Detik Pengumuman Nomor Urut Paslon Bupati Dan Wabup Sanggau

"Paslon jangan sampai melakukan hal merugikan," ungkapnya saat diwawancarai awak media usai Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 di Hotel Aston Pontianak, Selasa (13/2/2018).

Baca: Ruhermansyah: Pelanggaran Pemilu Penuhi Unsur Pidana, Diteruskan ke Pengadilan

Ruhermansyah memaparkan beberapa pelanggaran yang dapat mengakibatkan diskualifikasi diantaranya jika paslon terbukti menerima dana kampanye bersumber dari keuangan negara baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Kemudian dana kampanye bantuan dari pihak asing, perseorangan asing maupun lembaga asing. Jika terbukti, dapat membatalkan dan mendiskualifikasi paslonnya," jelasnya. 

Selain itu, pemberian imbalan berupa uang atau barang saat kegiatan kampanye atau pemungutan suara dan penghitungan suara jika bisa membatalkan Paslon

"Kemudian terkait politik uang atau money politics yang bersifat terstruktur, sistematis dan massif (TSM). Jika terbukti usai mekanisme sidang, maka paslon bisa didiskualifikasi," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved