Sutarmidji Ingatkan Plt Wali Kota Pontianak Menggantikannya Cuti Tak Melanggar Aturan

Pertanggal 15 Februari Wali Kota Pontianak, Sutarmidji akan memasuki masa cuti untuk mengikuti perhelatan Pilkada Gubernur Kalbar.

Sutarmidji Ingatkan Plt Wali Kota Pontianak Menggantikannya Cuti Tak Melanggar Aturan
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Sutarmidji Meresmikan SMP Negeri 2 Pontianak 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pertanggal 15 Februari Wali Kota Pontianak, Sutarmidji akan memasuki masa cuti untuk mengikuti perhelatan Pilkada Gubernur Kalbar.

Kursi Wali Kota Pontianak akan dijabat Plt atau Penjabat yang akan ditentukan oleh Penjabat Gubernur Kalbar saat ini, Doddi Riyadmadji.

Hingga tanggal 12 Februari ini, Sutarmidji masih belum mengetahui siapa yang akan menggantikan ia sementara dalam masa cutinya sebagai Wali Kota Pontianak.

Baca: Pilkada Serentak, Mahfud Imbau Jangan Bawa Isu SARA Tapi Adu Program

"Kalau tidak salah saya, ada dua aturan. Saya lupa aturannya, kalau tidak salah yang satu menyebutkan Penjabat yang satu menyebutkan plt. Penjabat itu harusnya kalau kepala daerah itu habis masa jabatannya tapi pihak yang baru belum pemilihan. Nah kalau dia cuti kemudian masa jabatan belum berakhir harusnya Plt," ucap Sutarmidji, Senin (12/2/2018).

Kedua-duanya mempunyai dasar hukum yang kuat, apakah nanti menurut Midji, Penjabat Gubernur mengeluarkan fungsi pengganti sementara saja sebagi Plt atau pejabat.

Ia berharap siapa pun orangnya yang akan mengganti dirinya selama masa cuti, bisa menjalankan tupoksi sebagai wali kota dengan kewenangan-kewenangan yang juga sudah diatur secara konsisten berdasarkan aturan.

Midji mengingatkan pada Penjabat atau Plt Wali Kota Pontianak yang akan mengganti dirinya jangan sampai melanggar aturan dan mengambil keputusan yabg diluar kewenangan sebagai Plt atau Penjabat.

Baca: Asprov PSSI Kalbar Akan Gelar Musprov Pemilihan Ketum Baru

"Saya ingatkan kalau terjadi pelanggran ketika saya masuk, saya tetap akan lakukan koreksi aturan. Misalnya ada yang berani, Pj itu kan tidak boleh mutasi, lalu dia melakukan mutasi. Saat saya masuk, saya kembalikan lagi, hari pertama saya masuk akan saya kembalikan lagi. Saya pastikan itu, kecuali yang sudah sesuai dengan aturan sudah seleksi dan lain sebagainya," ucap Sutarmidji mengingatkan Penjabat Wali Kota Pontianak yang akan menggantikan dirinya.

Selain itu ia tegaskan sama juga halnua dengan kebijakan-kebijakan anggaran dan lain sebagainya karena sistem di Kota Pontianak telah mengaturnya semua.

"Sudah jalani saja jangan diutak atik bagaimanapun dan Plt itu tugasnya terbatas tidak seperti wali kota, dengan batasan itu harusnya dia pahami. Saya rasa yang paham lah, mudah mudahan yang paham tata kelola pemerintahan supaya berjalan dengan baik. Saya surat cuti tanggal 15, harusnya tanggal 14 sudah ada dan sudah ditetapkan,"pungkasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help