Bayar Tagihan Kian Mudah, PDAM Kubu Raya-BNI Launching e-PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kubu Raya dan PT Bank Negara Indonesi (BNI) Cabang Pontianak melakukan perjanjian kerjasama.

Bayar Tagihan Kian Mudah, PDAM Kubu Raya-BNI Launching e-PDAM
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Plt Direktur Utama PDAM Kubu Raya, Darwis Dolamanan dan Pemimpin Kantor Cabang Pontianak, M Farid Ma'rof menandatangi perjanjian kerjasama dan launching pembayaran PDAM melalui Elektronik PDAM atau E-PDAM di Qubu Resort, Senin (12/2/2018). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kubu Raya dan PT Bank Negara Indonesi (BNI) Cabang Pontianak melakukan perjanjian kerjasama dan launching pembayaran PDAM melalui Elektronik PDAM atau E-PDAM di Qubu Resort, Senin (12/2/2018).

MoU ditandatangani langsung oleh Plt Direktur Utama PDAM Kubu Raya, Darwis Dolamanan dan Pemimpin Kantor Cabang Pontianak, M Farid Ma'rof. Plt Direktur PDAM Kubu Raya Darwis Dolamanan mengatakan kerjasama akan semakin memudahkan sekitar 17 hingga 18 ribu pelanggan PDAM di Kubu Raya.

Ia mengatakan biasanya pelanggan mengantre untuk melakukan pembayaran kini pelanggan bisa membayar tagihan cukup ke ATM BNI terdekat.

"Kerjasama ini sangat membantu, memudahkan pelanggan kita yang mencapai 17 ribu hingga 18 ribu. Kami berterimakasih dengan adanya kerjasama BNI," ujar Darwis.

Tak hanya dalam hal pembayaran, untuk memudahkan pelanggan PDAM Kubu Raya akan beralih ke pelayanan online lainnya. "PDAM juga akan membuat sistem agar pembayaran via non tunai. Kedepan PDAM harus seperti itu, tidak menggunakan tunai dalam pembayaran penyambungan, tidak perlu formulir cukup online. Sehingga tidak ada nantinya karyawan yang menerima uang," ungkapnya.

Pelanggan selama ini kata Darwis membayar tagihan langsung ke kantor dengan antrean yang membludak. "2018 selain bisa membayar di Kantor Pos, pelanggan juga bisa membayar melalui BNI. Saat ini potensi pelanggan luar biasa, hanya saja kapasitas kami belum mencukupi. Saat ini ada sekitar 30 ribuan daftar tunggu. Jika kapasitas kita memungkinkan potensinya luar biasa," ujarnya.

Pemimpin Kantor Cabang Pontianak, M Farid Ma'rof mengucapkan terimakasih kepada PDAM dan Pemkab Kubu Raya yang mensupport penuh kerjasama e-PDAM. "ini tidak hanya menberikan keuntungan kepada BNI, tetapi juga PDAM dan pelanggan. Kita bisa membantu pembayaran yang lebih lancar, tidak menutup kemungkinan kita akan tingkatkan pembayaran menggunakan elektronik yang lain, misalnya SMS banking, mobile banking dan EDC sehingga memudahkan pelanggan. Semua transaksikan kekinian jadi menggunakan smartphone sehingga semuanya sudah dicover elektronik banking," ujarnya.

Sebelumnya, BNI juga menjalin kerjasama dengan PDAM Tirta Khatulistiwa milik Kota Pontianak. "Kita juga akan membuka diri kerjasama dengan kabupaten laun yang memerlukan fasilitas pembayaran menggunakan elektronik banking, yang pasti banyak produk yang hisa dimanfaatkan dalam rangka membantu institusi atau nasabah dalam melakukan pembayaran," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help