TribunPontianak/

Segini Jumlah Dana Kampanye Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya

Kesepakatan dan kesepahaman ini disaksikan pelaksana harIan (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKU Bujang Asnan.

Segini Jumlah Dana Kampanye Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZI
Plh Ketua KPU KKU Bujang Asnan (kanan), didampingi komisioner KPU KKU Rudi Handoko memimpin rapat ambang batas maksimal dana kampanye di ruang sidang KPU KKU di Sukadana, Sabtu (10/2). 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Dana kampanye 6,6 Miliar, hal inilah yang disepakati setelah menggelar rapat, di hadiri seluruh liaison officer (LO) atau pejabat penghubung tim pemenangan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kayong Utara (KKU) tahun 2018, di sekretariat KPU KKU, Sabtu (10/2/2018).

Kesepakatan dan kesepahaman ini disaksikan pelaksana harIan (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKU Bujang Asnan, didampingi komisioner KPU KKU Rudi Handoko S.Sos.

“Kami menyampaikan permohonan maaf Ketua KPU KKU H Effendi Ahmad SH yang mengikuti tes Bawaslu Provinsi Kalbar di Pontianak. Komisioner KPU KKU Burhanuddin S.Pd.I yang berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kalbar. Sedangkan Komisioner KPU KKU Effian Noor sedang ke pulau untuk tugas pecocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada KKU,” papar Bujang Asnan, Plh Ketua KPU KKU di hadapan semua LO tim pemenangan.

Rapat dihadiri Ketua Panwaslu KKU Dahlia. Kemudian LO Abdul Halim Hasin-Bukhori, Amru Chanwari dan tim. LO Citra Duani-Effendi Ahmad, Mengkusaini SE, Bayu Muhari S.ST, dan Muhammad Sani. LO Masdar-Zulkaslim, Syarif Helmi Al Idrus ST dan tim.

“Diharapkan rapat pembahasan ambang batas maksimal dana kampanye Pilkada KKU sudah dilaksanakan selama tiga kali bersama LO bakal pasangan calon (Bapaslon). Tepatnya LO Bapaslon Abdul Halim Hasin-Bukhori, LO Masdar-Zulkaslim, dan LO Citra Duani-Effendi Ahmad. Maaf, Bapaslon Asyadi Yusuf-Abdul Rahman tidak memenuhi syarat minimal dukungan sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Rudi Handoko.

Komisioner KPU KKU Rudi Handoko kemudian mempersilakan semua LO tim pemenangan, menyajikan rancangan dana kampanye kandidat masing-masing.

Dimulai dari LO Abdul Halim Hasin-Bukhori, Amru Chanwari menyampaikan dana kampanye mencapai Rp6,3 M. LO Citra Duani-Effendi Ahmad, Mengkusaini memapakarkan dana kampanye capai Rp5,2 M. Sedangkan LO Masdar-Zulkaslim, Su Helmi menerangkan Rp7,2 M.

“Semua sudah menyajikan rancangan dana kampanyenya. Masing-masing LO tim pemenangan akhirnya bersepakat, batas ambang minimal dana kampanye di angka Rp6,6 M. Jika pada laporan akhir masa kampanye di atas Rp6,6 M itu masuk pelanggaran pemilihan umum (Pemilu),” tutur Rudi Handoko.

Ia mengharapkan semua tim pemenangan segera melaporkan dana kampanye sebelum 14 Februari 2018. Ia juga mengundangn ketiga LO tim pemenangan untuk hadir di KPU KKU, agenda penetapan calon tetap bupati dan wakil bupati Kayong Utara, Senin (12/2).

“Semua bakal pasangan calon (Bapaslon) dan tim pemenangan dan Parpol pendukung kita undang dan diharapkan hadir di kantor KPU KKU jam 10.00 WIB. Alasannya mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 15 tahun 2017. Sedangkan penetapan nomor urut akan dilaksanakan di Hotel Mahkota pada Selasa (13/2), jam 09.00 WIB sampai selesai,” kata Rudi Handoko.

Ia menerangkan disebabkan ruang sidang KPU cukup terbatas, maka yang boleh masuk hanya Bapaslon dan tim pemenangan dan unsur Parpol pendukung, dan Panwaslu KKU dan undangan lain.

“Ruang kita ini tidak cukup luas maka dimungkinkan hanya maksimal 30 orang muat. Oleh karenanya diharapkan masing-masing Bapaslon hanya membawa kandidat dan tim inti saja. Masing-masing sekitar lima orang ke dalam ruang sidang KPU KKU,” ungkap Rudi, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU KKU.

Kepada para Bapaslon, lanjutnya, boleh membawa para pendukungnya, akan tetapi hanya boleh di halaman KPU. Pihak KPU menyediakan tenda, kursi, dan layar infokus untuk menyaksikan acara di dalam ruang KPU KKU.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help