POM Ketapang Gelar Saprahan di Tepian Sungai Pawan

POM Ketapang menyelenggarakan selamatan. Serta saprahan di stager Tepian Sungai Pawan depan Masjid At-Taqwa.

POM Ketapang Gelar Saprahan di Tepian Sungai Pawan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Beberapa Pengurus DPD POM Ketapang foto bersama usai acara saprahan di stager Tepian Sungai Pawan depan Masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman Kecamatan Benua Kayong, Minggu (11/2). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Dewan Pinpinan Daerah (DPD) Persatuan Orang Melayu (POM) Ketapang menyelenggarakan selamatan. Serta saprahan di stager Tepian Sungai Pawan depan Masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman Kecamatan Benua Kayong, Minggu (11/2/2018).

“Saprahan ini dilaksanakan dalam rangka sukuran terhadap pelantikan POM Ketapang kemaren,” kata Wakil Ketua I DPD POM Ketapang, Maulana Harva saat kegiatan berlangsung.

Ia mengungkapkan selain pengurus dan anggota DPD POM Ketapang yang hadir. Pihaknya juga mengundang beberapa pengurus organisasi melayu lainnya. “Tujuan kita untuk bersilaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Terkait penyelenggaraan saprahan sengaja dilakukan pihaknya karena memang merupakan tradisi Melayu sejak dahulu. “Saprahanitu kita kumpul dan makan bersama meski pun mungkin beda kampung ada beda sedikit gayanya,” ungkapnya.

“Namun intinya tetap sama yakni sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat persatuan. Serta tali persaudaraan di masyarakat khususnya sesama orang Melayu. Penyelenggaraan saprahan juga tentu untuk membangkitkan marwah Melayu ,” lanjutnya.

Pihaknya juga kedepan berencana melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya. Misalnya dalam rangka menyambut bulan Ramadan nantinya. Pihaknya akan menyelenggarakan pawai akbar, audensi ke legislatif dan eksekutif serta lain sebagainya.

“Audensi kita nanti di antaranya akan menyampaikan tentang rumah adat Melayu. Serta hal-hal yang bisa diselaraskan antara kegiatan di instansi itu sama kegiatan POM. Intinya POM Ketapang akan ikut serta memajukan daerah ini,” tuturnya.

Pantauan Tribun pada pelaksanaan saprahan ini sepanjang tempat makanan yang disajikan dialas kain kuning. Kemudian makanan dibuat menjadi beberapa tumpuk untuk dimakan beberapa orang pada satu tumpukannya.

Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help