Komisioner KPUD Sambas Habis Masa Kerja 3 Hari Jelang Pilgub, Tunggu Tindaklanjut KPU RI

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) saat pelantikan, tiga hari sebelum pencoblosan, Komisioner KPU Sambas habis masa kerjanya.

Komisioner KPUD Sambas Habis Masa Kerja 3 Hari Jelang Pilgub, Tunggu Tindaklanjut KPU RI
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Ketua KPU Sambas, Suaib (batik tengah). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sambas, Suaib mengungkapkan, jelang hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, KPUD Sambas, akan habis masa baktinya.

Suaib menjelaskan, hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) saat pelantikan, tiga hari sebelum pencoblosan, Komisioner KPU Sambas habis masa kerjanya.

"Jika dihitung sesuai dengan jadwal yang sudah ada, maka pencoblosan untuk Pilgub Kalbar adalah pada tanggal 27 Juni 2018. Sesuai SK yang kami miliki saat dilantik 24 Juni 2013 lalu, KPUD Sambas akan berakhir pada tanggal 24 Juni 2018,"ungkapnya, Minggu (11/2/2018).

Baca: Tim Badan Pelestarian Cagar Budaya Temukan Artepak Di Gunung Totek, Ini Artepak Yang Ditemukan

Ia menegaskan, berakhirnya masa jabatan KPUD Sambas ini, memang secara kebetulan bertepatan dalam masa tenang Pilgub Kalbar.

"Jadi, pas saat masuk masa minggu tenang, jabatan tersebut sudah habis," terangnya.

Oleh karena itu, terkait hal ini, pihaknya tengah menanti tindaklanjut dari KPU RI.

"KPUD Sambas dibentuk atas dasar Undang-undang, dan batas tersebut juga diatur oleh Undang-undang. Keputusan seperti apa ke depannya adalah ranahnya KPU RI. Dan kami siap menunggu arahan dari KPU RI, namun yang jelas sesuai SK yang kami miliki, masa jabatan kami akan berakhir dalam lima tahun,"paparnya.

Namun begitu, menurut Suaib proses rekrutmen anggota KPUD Sambas selanjutnya, saat ini juga sudah mulai berjalan.

Baca: Penyerangan Gereja St Lidwina Sleman, Bruder Steph Ajak Masyarakat Tingkatkan Toleransi

Ia berharap anggota KPUD Sambas berikutnya, akan bertugas dengan baik, demi keberlangsungan demokrasi yang berkualitas, jujur dan adil.

"Harapan kami, siapa pun yang kelak akan menjadi Ketua dan anggota KPUD Sambas, bisa melaksanakan tugas dengan baik. Sesuai tahapan yang sudah diatur oleh Undang-undang. Persoalan waktu yang terbilang sempit, saya kira itu tidak akan menjadi kendala berarti. Selama para anggota KPUD yang baru tersebut bisa beradaptasi dan benar-benar mengabdikan diri untuk mensukseskan pemilu," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help