Home »

Bisnis

» Mikro

Buruan Daftar 7 Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM Kalbar Berikut

Pelatihan lain yaitu vokasional berbasis E-commerce, pembuatan web bisnis, mengemukakan, peningkatan kapasitas (capacity building).

Buruan Daftar 7 Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM Kalbar Berikut
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Marsianus 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar akan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM ) Kamis, 22 Februari 2018 mendatang.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Prov. Kalbar, Marsianus SY mengatakan adapun jenis pelatihan yang akan dilaksanakan diantaranya pelatihan bagi pengelola Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berbasis kompetensi.

Baca: Lakukan Inovasi, Sesilia Optimis CU Khatulistiwa Bakti Mampu Hadapi Tantangan

Pelatihan lainnya yaitu manajemen SDM Koperasi berbasis akuntansi sederhana bagi juru buku koperasi.

"Pelatihan kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) bagi pemuda dan mahasiswa, pelatihan vokasional dalam rangka meningkatkan nilai tambah limbah sampah rumah tangga, pelatihan perkoperasiane, pembekalan kewirausahaan, dan membuka akses pasar dan manajemen resiko usaha," ujar Marsianus, Minggu (11/2/2018).

Baca: CU Khatulistiwa Bakti Punya Trik Siasati Persaingan Dengan Lembaga Keuangan Lain

Pelatihan lain yaitu vokasional berbasis E-commerce, pembuatan web bisnis, mengemukakan, peningkatan kapasitas (capacity building).

"Ini akan dilakukan ini merupakan suatu proses, atau serangkaian gerakan menuju perubahan di dalam individu, kelompok-kelompok, organisasi-organisasi dan sistem-sistem dalam rangka untuk memperkuat kemampuan penyesuaian individu, kelompok dan organisasi, sehingga dapat tanggap terhadap perubahan pembangunan yang ada," ujarnya.

Program pelatihan peningkatan kapasitas yang akan diselenggarakan ini kata Marsianus dilaksanakan dengan strategi tehnical assistance yang sekaligus proses knowledge transfer, yang mengedepankan pendekatan partisipatif.

"Pelatihan peningkatan kapasitas ini sangat penting untuk mencapai pemahaman bersama sejak awal program tentang apa tujuan dan peran yang akan dilakukan dalam kegiatan usaha kecil menengah yang sekarang sedang digalakkan pemerintah agar UMKM Naik Kelas," ujarnya.

Ketujuh jenis pelatihan tersebut kata Marsianus ditujukan kepada para penggiat KUMKM se-Kalimantan Barat, termasuk didalamnya memberi kesempatan kepada para calon pemula untuk berwirausaha, baik pemuda maupun mahasiswa.

"Silakan mendaftar ke kantor Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu, Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Provinsi Kalbar, Jalan  Sutan Syahrir Nomor 5 Pontianak," ujarnya.

Untuk pendaftaran dan kelengkapan informasi sehubungan dengan pelatihan-pelatihan tersebut dapat menghubungi, kontak person, Anton nomor HP: 085245358000, Romy no. HP: 085245182380. Resny no. HP: 082148124534. Yanti no. HP: 081254717890.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help