TribunPontianak/
Home »

Sport

Libatkan Masyarakat Sediakan Akomadasi Jelang Porprov 2018

Tentunya sebagai insan olahraga dan masyarakat Kalbar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KONI Kalbar dan Pemkab Sintang.

Libatkan Masyarakat Sediakan Akomadasi Jelang Porprov 2018
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Hasil karya pemenang sayembara Logo Porprov XII 2018 di Sintang 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Akademisi yang juga Dekan Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesahatan (FPOK), IKIP PGRI Pontianak, Ahmad Jamalong, S.Pd, M.Pd memberikan analisa dan beberapa sumbangan pemikiran terkait beberapa kendala persiapan Porprov 2018 di Sintang. Mulai dari venue hingga menyangkut akomodasi. Berikut analisanya.

"Tentunya sebagai insan olahraga dan masyarakat Kalbar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KONI Kalbar dan Pemkab Sintang yang telah bersedia menyelenggarakan dan tuan rumah Porprov XII 2018.

Jika ingin pencapaian prestasi ditingkat nasional perlu didukung venue yang memadai yang berstandar nasional. KONI Kalbar dan Pengprov cabang olahraga harus punya visi, bahwa Porprov di kabupaten Sintang bukanlah lagi soal partisipasi. Bukan lagi ajang pembinaan, akan tetapi ajang mengukir prestasi

Bukan lagi kuantitas tapi kualitas. Para atlet yang menjadi juara akan dipersiapkan mengikuti Pra PON dan PON 2020 mendatang.

Terkait sarana akomodasi tuan rumah di Sintang, ini juga harus menjadi fokus perhatian KONI Kalbar dan tuan rumah. Karena akomodasi salah satu instrumen penting dalam pencapaian prestasi. Para atlet dan official harus layak memperoleh tempat yang memadai seperti hotel, penginapan dan home stay yang layak.

Yang saya ketahui kapasitas kamar hotel dan penginapan di Sintang sekitar 600 kamar. Sedangkan atlet dan official minimal membutuhkan kamar di atas 1000 kamar. Belum lagi pemantau, pengurus Cabor, pejabat daerah 14 Kabupaten dan kota, supporter dari luar kota Sintang yang akan hadir menyaksikan moment Porprov event 4 tahun ini.

Satu di antara solusi tuan rumah Sintang harus melibatkan atau kerjasama masyarakatnya untuk mempersiapkan kamar sewa atau homestay. Atau kerjasama dengan developer perumahan, untuk menyiapkan athelete village atau asrama atlet.

Selanjutnya agar Porprov terlaksana secara kompetitif dan melahirkan atlet prestasi. Kouta atlet yabg bertanding atau lomba harus mengacu pada hasil Kejurda Cabor, yakni 8 besar saja, yang berhak mengikuti Porprov Sintang.Idealnya memang harus ada pra Porprov.

Bagi yang belum melaksanakan Kejurda harus dipikirkan dan harus dikomunikasikan, bersama KONI Kalbar ke induk Cabor yang belum Kejurda.

Terutama Cabor tim atau beregu, yang punya kouta pemain banyak. KONI Kalbar harus membantu terlaksananya Kejurda sebelum Porprov bulan September 2018.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help