Desak Lepaskan 6 Warga yang Ditangkap Pihak TNDS

Sudah enam orang warga kecamatan Suhaid dan Selimbau, ditangkap oleh pihak TNDS, diduga telah mengambil kayu.

Desak Lepaskan 6 Warga yang Ditangkap Pihak TNDS
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Pertemuan masyarakat kecamatan Suhaid dan Selimbau, saat pertemuan dengan pihak TNBKDS dan DPRD Kapuas Hulu, membahas persoalan kawasan konservasi di danau Sentarum, karena dianggap sangat meresahkan oleh masyarakat, karena sudah banyak masyarakat setempat ditingkap oleh TNDS tersebut, Jumat (9/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU -  Sudah enam orang warga kecamatan Suhaid dan Selimbau, ditangkap oleh pihak TNDS, diduga telah mengambil kayu dikawasan konservasi atau hutang lindung. Sehingga membuat masyarakat dua kecamatan tersebut, meminta segera warganya untuk dibebaskan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Dalam, Kecamatan Selimbau H Abang Muhammad Sutarmiji menyatakan, dalam pertemuan ini bagaimana warganya harus segera dilepaskan, yang sudah ditangkap oleh pihak TNDS.

Baca: Syukuran Kompas Gramedia Zaman Now Berlangsung Meriah

"Mereka cari kayu untuk kepentingan rumah tangga, karena sudah puluhan tahun memang dilokasi tersebut tempat Masyarakat kami mencari kebutuhan rumah tangga," ujarnya, di Kantor DPRD Kapuas Hulu, Jumat (9/2/2018).

Sutarmiji menuturkan, untuk kedepannya bagaimana masyarakat yang tinggal diwilayah konservasi, tetap bisa mengambil sumberdaya alam disana. "Kami siap dan mendukung, apabila harus ke pusat terkait masalah ini," ungkapnya.

Kepala Desa Mawan, Kecamatan Selimbau, Deni menuturkan, bahwa tentang penangkapan warganya sangat meresahkan, karena tidak ada kejelasan hukum. "Terutama masalah zona konservasi tak ada kejelasan, dan selama ini tak ada kerjasama dengan masyarakat," ucapnya.

Baca: Jam Tangan Sport Banyak Diminati, Rara Arloji Keluarkan Brand Sendiri

Menurut Deni, selama ini pihaknya tak tau peraturan di kawasan konservasi, jangan sampai menjadi persoalan terus menerus. Diharapkan, pertemuan ini ada hasilnya dengan baik. "Terpenting lepaskan warga kami, karena mereka tak tahu apa-apa," ujarnya.

Deni menuturkan, sudah enam orang warga kecamatan Suhaid dan Selimbau yang sudah ditangkap oleh TNDS,  empat orang dari Selimbau dan dua orang dari kecamatan Suhaid. "Jadi jumlah warga yang sudah ditangkap sebanyak enam orang. Diharapkan mereka segera dilepaskan," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help