Home »

Sport

» Basket

Ini Kunci Tenaga Baru Pontianak Eksis Dikancah Basket Nasional

Klub bola basket putri Tenaga Baru Pontianak, perlahan kini mulai menapaki eksistensi nya di tingkat Nasional.

Ini Kunci Tenaga Baru Pontianak Eksis Dikancah Basket Nasional
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Sejumlah pemain TB Pontianak menggelar latihan rutin di Lapangan Bola Basket Pancasila Jl Gusti Hamzah, Kamis (8/2/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Klub bola basket putri Tenaga Baru Pontianak, perlahan kini mulai menapaki eksistensi nya di tingkat Nasional.

Terbukti pada ajang seri ke II Srikandi Cup di Surabaya, mereka mampu meraih juara ke tiga yang berakhir belum lama ini.

Pelatih sekaligus pemain Tenaga Baru Pontianak, Yeni Simorangkir membeberkan, bagaimana para pemain dibentuk, sejak beberapa tahun terakhir, sehingga para pebasket putri Kalbar khususnya, dapat bersaing di level Nasional.

"Pertama kali yang kami tekankan dan latih mereka yakni mental. Itu yang pertama, karena mereka awalnya mungkin mereka hanya melihat pemain di televisi, tetapi saat ini mereka bisa langsung berhadapan dengan pemain-pemain nasional. Ini tentu perlu mental yang besar," ujarnya kepada Tribun Kamis (8/2/2018) malam.

Dikatakanya untuk melatih mental ini, dibutuhkan proses. Oleh karena manajemen dan pelatih mengkolaborasikan para pemain Kalbar dan pemain yang ada dari pulau Jawa. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menetap di Pontianak.

"Saat ini Tenaga Baru diperkuat 10 pemain dari Kalbar dan 10 dari Jakarta," ujarnya.
Adhe sapaanya mengatakan, sejak bergabung di Tenaga Baru sejak 2011, ia memang bertekad membangun pemain-pemain putri yang handal. Kalbar menurutnya memiliki potensi itu.

Kini perlahan mental pemain mulai terbangun dan pada 2018 ini Tenaga Baru Pontianak, menjadi tim yang cukup diperhitungkan pada ajang Srikandi Cup, ajang bola basket putri profesional ditingkat nasional. Bahkan beberapa pemain Nasional ikut memperkuat tim ini.

Pada sesi pertama di Makassar mereka menempati posisi ke empat dan pada sesi ke tiga di Surabaya, TB Pontianak meraih juara tiga. Selanjutnya mereka bersiap di sesi ke tiga Jakarta.

"Memang hasil ini sudah sangat baik, tapi kami belum cukup puas," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help