KPU Tawarkan 2 Opsi Penataan Alokasi Kursi DPRD di Kayong Utara Pada Pemilu 2019

"Dimana dapil satu itu Sukadana, dapil dua pulau maya Karimata Dapil tiga Teluk Batang dan Seponti dan Dapil empat Simpang Hilir,"jelasnya

KPU Tawarkan 2 Opsi Penataan Alokasi Kursi DPRD di Kayong Utara Pada Pemilu 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Satu diantara petugas KPU menyampaikan wacana penataan alokasi kursi DPRD di Kayong Utara pada pemilu tahun 2019 mendatang di hotel mahkota, Kamis (8/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara  menggelar rapat koordinasi uji publik terhadap usulan KPU tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kayong Utara pada 2019. KPU mengusulkan dua opsi penataan alokasi kursi DPRD di Kayong Utara pada pemilu tahun 2019.

"Kami dari KPU Kayong Utara mengusulkan 2 opsi atau dua metode. Yang dibagi menjadi usulan satu dan usulan dua,"Kata Komisioner KPU Kayong Utara, Burhanudin di hotel Mahkota Kayong, Kamis (8/2/2018).

Baca: IPM Kayong Utara Terendah se-Kalbar, Ini Penjelasan Camat Sukadana

Dijelaskannya, untuk opsi satu, KPU mengusulkan Dapil Kayong Utara dibagi menjadi empat daerah pemilihan (Dapil)

"Dimana dapil satu itu Sukadana, dapil dua pulau maya Karimata Dapil tiga Teluk Batang dan Seponti dan Dapil empat Simpang Hilir,"jelasnya

Baca: Gelar Uji Publik Penataan Dapil Pemilu, KPU Tampung Masukan

Kemudian opsi kedua lanjutnya, Kayong Utara dimungkinkan bisa dibagi menjadi 3 dapil pada Pemilu 2019 mendatang.

"Yaitu penggabungan dari dapil satu Sukadana dan dapil dua Pulau Maya dan Kepulauan Karimata itu menjadi satu dengan jumlah kursi 10, kemudian dapil dua yaitu Kecamatan Teluk Batang dan Seponti itu menjadi 8 kursi dan Kayong Utara tiga Simpang Hilir ada 7 kursi,"jelasnya.

Dalam forum diskusi tersebut, diakuinya memang banyak catatan yang diberikan parpol, tokoh masyarakat dan tokoh adat yang hadir pada kegiatan dilaksanakan di hotel Mahkota sukadana tersebut.

"Jadi usulan hari ini banyak catatan - catatan yan harus disampaikan ke KPU pusat melalui KPU Provinsi,"kata dia.

Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 13/PL.03.-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum tahun 2019 untuk daerah Kayong Utara ditetapkan jumlah penduduknya 122.311 Jiwa, sehingga jumlah kursi di DPRD Kayong 25 kursi pada Pemilu 2019 mendatang. 

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help