Kemenhub Siapkan Petugas Road Tax dan Bangun Terminal Barang Internasional di Aruk

Jika sudah terbangun dan difungsikan, sehingga dapat digunakan sebagai terminal barang internasional untuk ekspor-impor.

Kemenhub Siapkan Petugas Road Tax dan Bangun Terminal Barang Internasional di Aruk
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIV Kalbar, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Dominggus usai mengikuti rapat persiapan lintasan kendaraan antar negara pada PLBN Aruk, dengan sejumlah instansi terkait di ruang aula utama Kantor Bupati Sambas, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIV Kalbar, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Dominggus mengungkapkan, pihaknya telah berupaya membangun terminal barang internasional di Aruk, yang saat ini bahkan telah selesai tahap Detail Enginering Design (DED).

"Untuk pembangunan terminal barang internasional di Aruk, kami sudah selesai DED-nya, kemudian tahun ini kami ada pengadaan lahan, selain itu tentu kami juga ada dana pembangunan terminal pada tahun ini, diharapkan pada tahun 2019 nanti, pembangunan terminal Aruk sudah selesai dan bisa difungsikan," ungkapnya usai mengikuti rapat persiapan lintasan kendaraan antar negara pada PLBN Aruk, dengan sejumlah instansi terkait di ruang aula utama Kantor Bupati Sambas, Kamis (8/2/2018).

Baca: Ekspor-Impor di Aruk Terkendala Belum Miliki Kode Port

Lanjutnya, jika sudah terbangun dan difungsikan, sehingga dapat digunakan sebagai terminal barang internasional untuk ekspor-impor.

"Baik barang dari Aruk ke Kuching atau pun sebaliknya. Untuk personel yang bertugas di sana, dari kementerian sudah ada, kebetulan dari Pemerintah Kabupaten Sambas memberikan personel kepada kami yang sudah di training dan siap untuk di tempatkan di Aruk," terangnya.

Baca: Pemkab Sambas Gelar Rapat Persiapan Pelintasan Kendaraan Antar Negara

Personel yang berasal dari Pemkab Sambas tersebut, kini sudah dibawahi langsung oleh Kementerian Perhubungan.

"Nanti di bawah langsung kementerian, jadi dari Pemkab Sambas dialihtugaskan ke kementerian, dari kementerian nanti di tempatkan di Aruk sebagai tenaga kemenhub yang bekerja di pos lintas batas negara," ujarnya.

Sedangkan untuk road tax, menurutnya sedang dalam proses. Intinya menurut Dominggus, tenaga dari Kemenhub yang akan bertugas di PLBN telah disiapkan.

"Jadi kapan pun itu akan dijalankan, kami sudah siap. Jadi dari kementerian sudah mempersiapkan petugas road tax di Aruk, tinggal menunggu dari PLBN dan BNPP sebagai pengelola pos lintas batas negara," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help