TribunPontianak/

IPM Kayong Utara Terendah se-Kalbar, Ini Penjelasan Camat Sukadana

Indeks pembangunan manusia (IPM) di Kayong Utara, karena diakuinya saat ini Kabupaten Kayong Utara berada di urutan 14 IPM terendah

IPM Kayong Utara Terendah se-Kalbar, Ini Penjelasan Camat Sukadana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZI
Camat Sukadana, Syahrial Solihin (dua dari kiri) menyampaikan hal-hal terkait dana desa. 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Camat Sukadana Syahrial Solihin dorong masyarakat untuk terus meningkatkan perekonomian di sektor pertanian dan perikanan, dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kayong Utara, karena diakuinya saat ini Kabupaten Kayong Utara berada di urutan 14 IPM terendah di Kalimantan Barat.

Namun dikatan Syahrial, perentase kenaikan IPM di Kayong Utara cukup baik, karena beberapa sektor, seperti pertumbuhan ekonomi membaik dan angka kemiskinan juga berkurang.

Baca: Vicky Prasetyo Terancam Batal Menikah, Kariernya Juga akan Tamat Jika Ketahuan Lakukan ini

"IPM kita memang masih terendah di Kalbar, nomor 14 se-Kalbar. ini yang menjadi persoalan kita, dari segi pertumbuhan ekonomi kita ranking 4 dari 14 Kabupaten, terus angka kemiskinan kita menurun, dari Nasional kita menurun, juga Provinsi pun kita menurun, dari segi pengangguran kita juga mengalami penurunan tapi dari IPM kita masih terendah, semestinya kalau angka kemiskinan menurun, pertumbuhan ekonomi meningkat, seharusnya IPM kita menaik, "ungkapnya Syahrial Solihin, Kamis (8/2/2018).

Sebagai Kabupaten baru, dan jumlah penduduk yang hanya 100 ribu lebih diakui Syahrial memiliki keuntungan tersendiri untuk meningkatkan IPM.

Namun sektor unggulan yang ada di Kayong Utara harus terus ditingkatkan, karena saat ini di sektor pertanian Kabupaten Kayong Utara cukup baik, karena banyak memiliki lahan pertanian.

"Kalau saya melihat, presentase kenaikan. jumlah penduduk kita kan sedikit, tapi sebenarnya ada peluang, kedepannya kalau ini kita naikan, seperti di pertanian, kalau di pertanian kita kelola secara baik, menggunakan alat-alat yang bagus, ada penambahan lahan pertanian, ini peluang meningkatkan perekonomian kita, terus di kelautan, kalau di kelola dengan baik tentu hasilnya akan lebih baik lagi," harap Syahrial Solihin.

Baca: Innalillahi, Bayi Artis Cantik ini Meninggal, Netizen Ikut Menangis!

Selain itu, beberapa Home industri yang ada di Kayong Utara diakui Syarial memang masih belum maksimal sehingga perlu terobosan-terobosan untuk kembali menghidupkan home industri yang ada.

" home-home industri kita belum juga banyak bermunculan, dan kalau ini kita maksimalkan maka IPM kita akan meningkat, lebih baik"tambahnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help