Puluhan Petani Sawit di Sambas Tahan 2 Truk PT KMP, Ini Alasannya!

Kumaini mengungkapkan, dari 2 truk perusahaan yang diamankan petani, satu truk bermuatan penuh tandan buah kelapa sawit yang baru dipanen.

Puluhan Petani Sawit di Sambas Tahan 2 Truk PT KMP, Ini Alasannya!
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Sekitar 30 petani dari Desa Sijang mendatangi Mapolres Sambas sambil membawa dua truk milik perusahaan yang ditahan mereka, dari kawasan lahan perkebunan yang selama ini menjadi polemik antara petani dengan PT Kaliau' Mas Perkasa (KMP), Rabu (7/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Sekitar 30 petani dari Desa Sijang mendatangi Mapolres Sambas sambil membawa dua truk milik perusahaan yang ditahan mereka, dari kawasan lahan perkebunan yang selama ini menjadi polemik antara petani dengan PT Kaliau' Mas Perkasa (KMP), Rabu (7/2/2018).

Sekjen Serikat Tani Serumpun Damai (STSD), Kumaini mengungkapkan, dari dua truk perusahaan yang diamankan petani ini, satu truk bermuatan penuh tandan buah kelapa sawit yang baru dipanen.

Baca: Beredar Jalan Rusak Parah di Paloh, Ini Kata Legislator Asal Sambas

Sedangkan satu truk lainnya dalam keadaan tak bermuatan.

"Kami tadi menahan alat (truk), ini merupakan sarana panen buah kelapa sawit, aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan PT Kaliau' Mas Perkasa. Menurut kami mereka sudah melanggar kesepakatan bersama pada tanggal 15 Desember 2017 yang lalu, di aula Mapolres Sambas ini juga," ungkapnya.

Baca: Tepergok Bawa Sabu, Polres Sintang Ringkus 2 Pemuda Ini

Pada saat pertemuan kesepakatan itu, dari Polres Sambas dihadiri Kapolres Sambas, Kasat Reskrim Polres Sambas, Kapolsek Sajingan serta perwakilan perusahaan dan masyarakat petani.

"Kami pada saat itu menyepakati, sejak tanggal 15 Desember tidak boleh ada segala bentuk aktifitas, sampai ada jawaban dari Pemda Kabupaten Sambas. Sampai sekarang Pemda Kabupaten Sambas belum memberi jawaban," jelasnya.

Menurutnya, pada Jumat (2/2/2018) kemarin telah dibentuk Satgas penanganan konflik lahan, yang satu diantaranya menangani polemik antara petani Desa Sijang dengan PT KMP.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved