TribunPontianak/

Jaga Netralitas, Norsan Minta ASN Agar Tak Terlibat Politik Praktis

“Tolong di cek siapa saja warganya yang masih belum melakukan perekaman e-KTP untuk segera agar dapat menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Jaga Netralitas, Norsan Minta ASN Agar Tak Terlibat Politik Praktis
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Bupati Mempawah Ria Norsan saat memimpin Raker bersama dengan Kades/Lurah, Camat, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Mempawah di Aula Bupati Mempawah, Rabu (7/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah Ria Norsan meminta seluruh pimpinan SKPD, camat, lurah dan kades untuk memberikan arahan kepada seluruh ASN di unit kerja masing-masing agar tetap menjaga netralitas.

“ASN Tidak terlibat politik praktis dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 sesuai Pasal 70 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016,” ujarnya saat memimpin rapat kerja (raker) bersama camat, lurah, kepala desa, serta pimpinan SKPD di Aula Kantor Bupati Mempawah, Rabu (7/2/2018) siang.

Baca: Polisi Ajak LO Jaga Kondusivitas Situasi dan Kondisi di Sungai Raya

DIrinya mengatakan pejabat negara dan pejabat daerah, pejabat ASN, TNI/Polri dan kepala desa atau sebutan lain/lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan/merugikan salahsatu pasangan calon. Ini sesuai dengan UU 10/2016 pasal 71

Baca: KPU Mempawah Lakukan Uji Publik Usulan Daerah Pemilihan di Pemilu Legislatif 2019

“Saya minta peran dan koordinasi aktif antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan camat, lurah dan kepala desa untuk melakukan pendataan penduduk, penjadwalan perekaman e-KTP, “ ujarnya

Baca: PPK se-Kabupaten Mempawah Gelar Rapat Pleno Verifikasi Faktual Dukungan Perbaikan

Selain itu, pihak terkait kata nornas agar dapat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP khususnya yang telah memiliki hak memilih di wilayah masing-masing. Sampaikan informasikan sekaligus mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing agar menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2018.

“Tolong di cek siapa saja warganya yang masih belum melakukan perekaman e-KTP untuk segera melakukannya agar nanti dapat menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pada saat hari H pelaksanaan pilkada diharapkan para camat, kades dan lurah tidak meninggalkan wilayah kerja. Sehingga dapat melaporkan perkembangan jalannya Pilkada dan untuk selalu melakukan upaya cegah dini terhadap potensi konflik.

“Lakukan upaya konsolidasi dan koordinasi dengan unsur keamanan di wilayah kerjanya guna memastikan Pilkada berjalan kondusif, aman dan terkendali,” ujarnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help