IHSG Ditutup Dilevel 6478, Berikut Saham Rekomendasi

Sektor industri dasar (-3,16%), Pertanian (-2,86%) dan Pertambangan (-2,48%) memimpin pelemahan...

IHSG Ditutup Dilevel 6478, Berikut Saham Rekomendasi
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT Reliance Sekuritas Indonesia merilis ekuitas di Asia kembali terjatuh lebih dalam dengan Indeks Nikkei (-4,73%), Topix (-4,40%), Hangseng (-5,12%) dan CSI300 (-2,93%) ditutup melemah cukup signifikan diawali gap down setelah ekuitas dunia mengalami penurunan selama 3 hari terbesar sejak 2015.

Baca: Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba, DPRD Harap Peran Orang Tua dan Guru

MSCI Asia Pacific Index merosot 3,5% pada penurunan terbesar dalam lebih dari 19 bulan. Branch Manager PT Reliance Sekuritas, Riza Juliandri mengatakan IHSG (-1,69%) ditutup turun -111,13 poin dilevel 6478,54 mengikuti mayoritas indeks saham di Global yang sedang mengalami phase sell off.

Sektor industri dasar (-3,16%), Pertanian (-2,86%) dan Pertambangan (-2,48%) memimpin pelemahan. Pelemahan nilai tukar rupiah yang menajak sejak akhir bulan Januari juga menjadi faktor penekan.

Baca: Neymar Ulang Tahun, Pacar Posting Foto Super Seksi dan Kata-kata Romantis

Riza mengatakan meskipun pelemahan IHSG masih tergolong tidak begitu dalam dibanding mayoritas ekuitas di Global.

Prospek yang cukup baik dari kesehatan pertumbuhan GDP indonesia menjadi penahan. Investor asing pun tercatat net sell cukup besar dilevel Rp1,75 triliun.

Bursa saham di Eropa dibuka gap down melemah mayoritas 2% dengan Indeks saham Eurostoxx (-2,24%), FTSE (-2,00%), DAX (-2.32%) dan CAC40 (-2,08%) dibuka mengalami aksi jual.

Baca: Sebut Maia Tak Layak Juri Indonesian Idol, Candaan Ini Balasan Setimpal

Indeks Stoxx Europe 600 merosot paling banyak sejak Juni 2016, dengan setiap sektor industri turun sebanyak 2% sedangkan beberapa aset safe haven, termasuk emas dan obligasi Eropa diperdagangkan lebih tinggi.

Pergerakan IHSG secara teknikal break out support MA20 dengan indikator Stochastic yang terlihat terkonsolidasi pada middle oscillator.

Sedangkankan indiktor RSI menukik dengan bearish momentum pada arah jenuh jual. Indikasi terkoreksi lebih lanjut cukup tinggi namun pergerakan indikator yang terlihat jenuh meskipun mengalami tekanan.

"Diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung bervariatif mencoba rebound menguji MA20 dengan range pergarakan 6400-6526. Saham-saham yang dapat diperhatikan diantaranya AKRA, ANTM, BBNI, CPIN, KLBF, ADRO, PTBA," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved