TribunPontianak/

Tingkat Optimisme Konsumen Meningkat, Kalbar Urutan Pertama di Kalimantan

Pitono mengatakan ITK tertinggi terjadi di Nusa Tenggara Timur (nilai indeks 122,25). Perkiraan Ekonomi Konsumen Triwulan I-2018.

Tingkat Optimisme Konsumen Meningkat, Kalbar Urutan Pertama di Kalimantan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalbar, Pitono 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalbar, Pitono mengatakan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan IV-2017 dikategorikan baik.

Ia juga menyebut tingkat optimismenya meningkat dibanding dengan triwulan sebelumnya. Nilai indeks (ITK) Provinsi Kalimantan Barat berada di posisi pertama diantara provinsi di Kalimantan dan berada di urutan ke-15 provinsi di Indonesia.

Baca: Demam Dilan Landa 4 Lembaga Negara, Hadiah Milea Hingga Unduh Aplikasi

"Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Kalbar pada Triwulan IV-2017 sebesar 106,63 artinya kondisi ekonomi dari sisi konsumen dikategorikan baik. Ekonomi konsumen baik terutama didorong oleh pendapatan rumah tangga (nilai indeks 104,60), pengaruh inflasi terhadap konsumsi (nilai indeks 104,34) dan volume Konsumsi barang dan jasa (nilai indeks 114,37)," ujar Pitono, Senin (5/2/2018).

Baca: Polisi Gerebek Togel Dipasar Dahlia Polisi, Satu Orang Tertangkap

Pitono mengatakan ITK tertinggi terjadi di Nusa Tenggara Timur (nilai indeks 122,25). Perkiraan Ekonomi Konsumen Triwulan I-2018.

"Nilai indeks tendensi konsumen di Kalbar triwulan I-2018 diperkirakan sebesar 106,2 artinya kondisi ekonomi konsumen tetap baik tetapi tingkat optimisme konsumen
sedikit menurun dibanding triwulan IV-2017," ujarnya.

Perkiraan baiknya ekonomi konsumen terjadi hampir di setiap Provinsi di Kalimantan, hanya Kalimantan Selatan kata Pitoni yang diperkirakan kurang baik, kondisi ekonomi konsumen pesimis (indeksnya dibawah 100). Pada triwulan IV-2017 mulai Oktober, November dan Desember nilai indeks Tendensi Konsumen Kalbar sebesar 106,63 artinya kondisi ekonomi konsumen baik yang ditunjukkan dengan nilai Indeks Tendensi Konsumen di atas 100 (optimis).

"Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, tingkat kepercayaan atau optimisme konsumen pada triwulan IV-2017 ini lebih tinggi dibanding dengan triwulan III-2017. Bila dilihat dari variable pembentuk ITK, kondisi ekonomi konsumen pada triwulan IV-2017 baik, terutama didorong oleh peningkatan volume konsumsi barang dan jasa mencapai (nilai indeks 114,37)," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help