Amrin : Pola Yang Selalu Berulang

Tak hanya pada ruas-ruas jalan yang belum diaspal, kerusakan juga kadang terjadi pada ruas-ruas jalan yang bersifat vital.

Amrin : Pola Yang Selalu Berulang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Tokoh Pemuda Kabupaten Sekadau - Amrin Zuraidi Rawansyah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Tokoh Pemuda Kabupaten Sekadau Amrin Zuraidi Rawansyah menuturkan, kondisi jalan yang semakin rusak sangat berpengaruh pada aktivitas masyarakat sehari-hari.

Tak hanya pada ruas-ruas jalan yang belum diaspal, kerusakan juga kadang terjadi pada ruas-ruas jalan yang bersifat vital.

Baca: Cuaca Ekstrem, Dewan Sekadau Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

"Kalau dicermati, polanya selalu berulang pada setiap musim hujan. Ini patut dikaji bersama. Untuk penanganan jangka pendek, sudah seharusnya pihak-pihak terkait, diminta ataupun tidak, turun tangan secepatnya," ujar Amrin Senin (5/2/2018).

Baca: Dara Cantik Ini Sayangkan Renvcana Atraksi Lumba-lumba, Ini Alasannya

Sekarang, kata dia, yang patut menjadi perhatian bersama adalah penanganan jangka menengah dan jangka panjang. Jika melihat negara-negara empat musim, betapa mereka sangat terukur, mulai dari perencanaan, pembangunan hingga perawatan dan perbaikan.

"Memang betul, ada perbedaan medan geografis maupun luas wilayah serta tingkat pertumbuhan penduduk. Tapi, pola pembangunan yang bisa memprediksi ataupun menyikapi pergantian musim patut kiranya diadopsi," tuturnya.

Di sisi lain, lanjut dia, meyakini para akademisi pasti takkan diam melihat fenomena selama ini. Barangkali yang belum tahu penelitian apa yang sudah dilakukan untuk memecahkan masalah ini.

"Tapi, andai penelitian belum dilakukan, tanpa mengurangi rasa hormat, tentu inilah kesempatan kita mengetuk nurani dan kepedulian kaum akademisi terutama para teknokrat untuk turun tangan mengatasi masalah nyata masyarakat," pungkasnya. 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help