Asupan Tepat Ibu dengan Usia Kehamilan Muda

Tentu saja ini menurutnya dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan ibu...

Asupan Tepat Ibu dengan Usia Kehamilan Muda
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Dokter Spesialis Klinis Gizi, dr Fitri Vidyastuti, SP GK 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ibu dengan usia kehamilan yang masih muda tentu memerlukan asupan gizi yang tepat dari makanan sehari-harinya. Dimana menurut Dokter Spesialis Klinis Gizi, dr Fitri Vidyastuti, SP GK untuk kebutuhan energi bahkan telah dimulai sejak masa sebelum kehamilan.

"Untuk kebutuhan energinya trimester pertama sama seperti kebutuhan sebelum hamil. Untuk trimester kedua terjadi kenaikan kebutuhan energi 300 kkal per hari sedangkan trimester ketiga kenikan emerginy 500 kkal perhari," ujarnya.

Tentu saja ini menurutnya dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan ibu.

"Hal ini bertujuan untuk memenuhi proses perkembangam janin, dan mempersiapkan asi. Asupan makanan asam folat dan protein yang tinggi sangat diperlukn pada awal masa kehamilan bahkan sebelum kehamilan (perencanaan kehamilan)," lanjutnya.

Tentu saja protein dan asam float ini membantu janin berkembang khususnya pembetukan sel-sel dan jaringan janin.

"Asupan protein dan asam float ini untuk mempersiaokan pembentukan sel sel tubuh janin terutama sel otak dan sel saraf. Dan untuk menguatkan janin diperlukan asupan protein yang tinggi," katanya.

Beberapa jenis makanan dipercaya mampu memenuhi kebutuhan protein dan gizi janin di kandungan Ibu.

"Ibu dengan usia kehamilan yang masih muda bisa mengkonsumsi ikan setiap hari, kacang-kacangan seperti kacang hijau atau kacang merah, disamping pemenuhan energi yang cukup," tuturnya.

Biasanya ibu dengan usia kehamilan yang masih muda juga suka mual bahkan hingga muntah-muntah. Sedangkan asupan makanan dan gizi yang baik sangat diperlukan bagi tumbuh kembang janin.

"Untuk ibu yang mual dan suka muntah-muntah, makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering. Kemudian makan makanan yang tidak merangsang seperti," katanya

Untuk ibu hamil yang biasa mengidap jenis asam-asaman dan buah yang masih muda menurutnya tidak berbahaya bagi janin. Menurutnya ini penting untuk kebutuhan asupan vitamin C.

"Konsumsi buah muda dan asam-asaman tidak bahaya, dan memang paling baik pemenuhan asupan vitamin C ini secara alami dari buah-buahan. Ini penting untuk pembentukan jaringan janin," tuturnya.

Bahkan ia menyarankan agar ibu hamil tidak mengkonsumsi suplemen untuk pemenuhan asupan vitamin C nya.

"Suplemem kandungan vit c nya sangat tinggi dan bisa menyebabkan overdosis. Bila dikonsumsi pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved