5 Partai Terancam Tak Dapat Kursi

Untuk mendapatkan jatah di DPR, partai politik harus meraih minimal 4 persen suara sah nasional pada pemilu legislatif mendatang.

5 Partai Terancam Tak Dapat Kursi
NET
DPR RI

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) baru saja mengeluarkan hasil surveinya untuk bulan Januari 2018 ini.

Survei tersebut menyasar partai poltik yang pada Pemilu 2014 lalu mendapatkan jatah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Hasil survei ini agak mengagetkan.

Baca: Tak Disangka, Pertama Kali Bertemu Sutarmidji, Wanita Asal Bengkayang Ternyata Dambakan Hal Ini

Betapa tidak, lima partai politik lama yang ada di DPR saat ini terancam tak bisa kembali ke parlemen pada periode selanjutnya alias terancam tak bisa menempatkan wakilnya di DPR.

Menurut LSI, lima partai tersebut, PPP, Nasdem, PKS, PAN, dan Hanura sangat memungkinkan tak bisa lolos parliamentary threshold pada Pemilu 2019.

Baca: Karolin Diganjar Penghargaan Aditya Karua Mahatva Yodha Award 2018

Sebab, untuk mendapatkan jatah di DPR, partai politik harus meraih minimal 4 persen suara sah nasional pada pemilu legislatif mendatang.

Baca: Mengenang Wilder Penfield, Ahli Bedah Otak yang Sangat Hebat! Kisahnya Mengerikan

Seperti diketahui, kelima partai tersebut sudah berpengalaman di pemilu itu berada di bawah ambang batas. PPP hanya mendapatkan 3,5 persen, PKS 3,8 persen, PAN 2,0 persen, dan Hanura 0,7 persen.

Halaman
12
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved