Home »

Techno

» News

Wajib Baca! Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar dari Penipuan via Telepon Seluler

Minimnya pengetahuan dan kejelian masyarakat terhadap pesan singkat ataupun telepon berpotensi penipuan jadi bahaya tersendiri.

Wajib Baca! Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar dari Penipuan via Telepon Seluler
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Telkomsel mengimbau pelanggannya untuk selalu waspada terhadap berbagai bentuk penipuan mengatasnamakan Telkomsel. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Minimnya pengetahuan dan kejelian masyarakat terhadap pesan singkat ataupun telepon berpotensi penipuan jadi bahaya tersendiri.

Hal ini, dinilai memungkinkan masyarakat menjadi korban penipuan yang menggunakan fasilitas pesan singkat ataupun telepon itu.

"(Penipuan via telepon seluler bisa terjadi) karena masih banyak masyarakat awam yang belum bisa membedakan mana sms corporate mana sms biasa. Sama halnya dengan via telpon masih banyak masyarakat indonesia yg awam," ujar satu dari pegiat teknologi informasi Kalbar, Hajon Hamdy Mahmuddin, Rabu (24/01/2018).

Lebih lanjut, ia memaparkan, dilihat dari pergerakannya, penipuan model ini dapat dikatakan bersifat gamblin. Pelaku, katanya, menyebarkan SMS berpotensi penipuan itu sebanyak mungkin ke nomor handphone yang telah dihimpun

"Ibarat menebar jaring. Mereka menunggu mana masyarakat awam yang tergiur akan iming-iming itu," lanjutnya.

Kerenanya, kejelian dan sikap awas menjadi hal yang sangat penting. Hal ini, disebutnya penting agar terhindar menjadi korban.

Lebih lanjut, iapun lantas mengingatkan pengguna layanan telekomunikasi untuk memperhatikan beberapa hal penting. "Jangan mudah percaya dengan SMS menang undian, apalagi kita tidak merasa pernah mengikuti undian tersebut," tegasnya.

Selain itu, ada baiknya masyarakat penerima SMS ataupun telepon berpotensi penipuan untuk selalu klarifikasi ke hotline resmi provider. Sebab, setiap provider, katanya, selalu punya costumer service yang bisa dihubungi 24 jam.

"Selalu ingat, pihak provider tidak akan menghubungi pemenang lewat nomor biasa. Biasanya selalu lewat fixline atau premium number," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help