Satgas Anti Politik Uang

Penggunaan politik uang diprediksi bakal marak pada proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 di 171 daerah.

Satgas Anti Politik Uang
NET
Money Politics atau politik uang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penggunaan politik uang diprediksi bakal marak pada proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 di 171 daerah.

Menyikapi hal ini, Kepolisian Republik Indonesia akan membentuk Satuan Tugas Politik Uang. Satgas Anti-Politik Uang ini bertugas mengawasi potensi kecurangan politik uang yang rawan terjadi pada pilkada tahun ini.

Bahkan, ungkap Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta pekan ini, satgas anti-politik uang juga akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Misalnya, jika ada yang bayar ke KPU, Bawaslu. Kalau ada kepala daerah yang masih menjabat, lalu sawer-sawer uang. Itu pasti diselidiki," katanya.

Baca: Sering Nonton Video Porno Picu Kerusakan Otak dan Perilaku Menyimpang, Ini Tips Mengatasinya

Menurut Tito nantinya satgas ini akan beranggotakan para penyidik dari beberapa polda, dan berada di bawah naungan Bareskrim Polri.

Pihaknya pun akan segera bertemu dengan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna membahas teknis Satgas Politik Uang. Rencana pembentukan Satgas Politik Uang yang dicetuskan Kapolri Jenderal Tito ini didukung oleh KPK.

Selama ini isu politik uang di pilkada terkesan selalu terbiarkan, baik oleh KPK, Kejaksaan maupun Polri sendiri. Hal ini bisa dilihat dari rentetan kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.

Sepanjang 2017 hingga awal 2018 sudah ada delapan kepala daerah diproses KPK karena korupsi.

Salah satu faktor yang membuat pejabat publik terjerumus korupsi karena proses dan praktik politik yang menjerumuskan, yakni politik uang, termasuk didalamnya uang mahar.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved