TribunPontianak/

4.392 Liter Solar Di Sekadau Disita Polisi, Ternyata Ada "Permainan" Pihak SPBU

Solar sebanyak kurang lebih 4.392 liter (4,392 Ton) yang dimuat dalam jerigen berkapasitas kurang lebih 68 liter

4.392 Liter Solar Di Sekadau Disita Polisi, Ternyata Ada
tribufile/istimewa
Barang Bukti sekitar 4.392 liter solar diduga ilegal diamankan oleh Pihak Mapolda Kalbar 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Dit Krimsus Polda Kalbar yang dipimpin Ipda Rachmad berhasil mengamankan seorang tersangka dan memeriksa seorang operator SPBU karena membeli dan menjual Solar bersubsidi dengan tidak semestinya.

Menurut Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purnomo hal ini terungkap saat dilakukan penyelidikan dan pengecekan terhadap kendaraan roda 6 (dump truk) No Pol KB 9851 V di Jalan Raya Sekadau-Sintang Kab Sekadau, Jum'at (12/01/2018) sekitar pukul 16.30 WIB.

Baca: Polisi Grebek dan Tangkap Penjual Sabu di Belakang Rumah Warga, Inilah Orangnya

"Pada saat pemeriksaan kendaraan dump truck tersebut sedang mengangkut BBM jenis solar sebanyak kurang lebih 4.392 liter (4,392 Ton) yang dimuat dalam jerigen berkapasitas kurang lebih 68 liter sebanyak 59 jerigen yang dibeli dari SPBU PT. Sinar perkasa Sekadau di wilayah kab. Sekadau," jelasnya, Sabtu (13/01/2018).

Baca: Sampah Menumpuk Tebar Bau Tak Sedap, Petugas Tak Punya Anggaran BBM

Dikatakannya, adapun modus yang digunakan adalah sopir truck bersangkutan, berinisial A membeli BBM jenis Solar yang disubsidi pemerintah di SPBU PT Sinar Perkasa Kab Sekadau dg harga Rp. 5.350,- perliter.

Sementara harga BBM Solar Subsidi adalah Rp. 5.150,- perliter (HET), sehingga Pihak SPBU memiliki keuntungan Rp. 200,- perliter.

BBM jenis Solar Subsidi tersebut, lanjutnya dibeli sebanyak 4.392 liter yang dimasukan dalam jerigen ukuran 68 liter sebanyak 59 jerigen dan diangkut gunakan dump truck dan diperuntukkan untuk mengisi bbm kendaraan proyek yang dimiliki oleh saudara E (kontraktor di Kab Sekadau, red).

Baca: 10 Ton Minyak Ilegal Diamankan Ditpolair Polda Kalbar dan Baharkam Mabes Polri

"Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka terhadap saudara A, operator SPBU dan barang bukti dibawa ke mako Polda Kalbar guna proses lebih lanjut," ujarnya.

Dengan ini, para tersangka pun akan dijerat dengan Pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help