Pos SAR Sintete Siaga 24 Jam Antisipasi Meningkatnya Curah Hujan

Kami pada dasarnya selalu siaga, termasuk terhadap ancaman banjir yang bisa kapan saja terjadi

Pos SAR Sintete Siaga 24 Jam Antisipasi Meningkatnya Curah Hujan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Kondisi Puskesmas Paloh di Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, yang sempat tergenang air pada Kamis (11/1/2018) malam. Hujan deras yang turun pada Kamis siang hingga malam, bersamaan dengan sungai mengalami pasang air laut, menyebabkan luapan air. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Koordinator Pos SAR Sintete, Rudiansyah mengungkapkan, SAR Sintete terus bersiaga selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir, khususnya di beberapa titik kawasan di Sambas. Lantaran curah hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan.

"Kami pada dasarnya selalu siaga, termasuk terhadap ancaman banjir yang bisa kapan saja terjadi," ungkapnya, Jumat (12/1/2018).

Kesiapsiagaan personel SAR Pos Sintete, menurut Rudiansyah tidak hanya mengantisipasi terjadinya bencana banjir, hal lain yang membutuhkan penanganan rescue juga menjadi perhatian pihaknya.

"Jadi tidak hanya banjir saja yang kami antisipasi. Seperti beberapa hari lalu, kami telah melakukan pencarian dan penyelamatan terhadap awak kapal ikan yang jatuh dari kapal di muara Pemangkat. Alhamdulillah satu orang awak kapal tersebut selamat," jelasnya.

Menurut kisahnya, awak kapal tersebut awalnya tidak diketahui terjatuh ke laut di muara Pemangkat. Salah seorang awak kapal tersebut baru diketahui hilang, setelah kapal tiba di tujuan.

"Atas dasar itu kemudian dilaporkan ke kami. Kami cek kebenaran informasi tersebut. Kemudian kami langsung melakukan pencarian. Awak kapal tersebut berhasil ditemukan setelah sempat diselamatkan oleh kapal ikan lainnya," terangnya.

(Baca: Harga Beras Mulai Naik, Bulog Akan Operasi Pasar di Kubu Raya )

Rudiansyah menegaskan selain kesiapansiagaan dari internal Pos SAR Sintete. Pihaknya juga tetap terus berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam menangani bencana alam ataupun musibah kecelakaan.

"Jadi kami tidak bekerja sendiri, tetapi bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk masyarakat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help