Pergerakan Penumpang 2017 Meningkat 20 Persen, AP II Target Pembangunan Runway Selesai 2019

Namun diakui Jon kapasitas yang ada baru terpakai sekitar 50 persen. Adapun fisik bagunan dan fasilitas yang terdapat di dalamnya semakin modern.

Pergerakan Penumpang 2017 Meningkat 20 Persen, AP II Target Pembangunan Runway Selesai 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Kondisi Bandara Internasional Supadio Pontianak pasca diresmikan beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak Jon Mukhtar Rita mengakui saat ini pihak bandara memang dibatasi oleh infrastruktur lantaran hanya melayani pesawat dengan body kapasitas terbatas.

Namun untuk kapasitas penumpangnya saat ini bandara sudah menampung 4 juta penumpang pertahun.

"Nantinya arah kami untuk mengakomodir demand, kita akan memperpanjang runway. Saat ini kan pesawat yang masuk masih dibatasi bebannya. Kami merencanakan dua tahun kedepan runway sudah bisa melayani, sehingga airline bisa leluasa bergerak," ujarnya pada Jumat (12/1/2018).

Baca: Wah, 2018 Bandara Internasional Supadio Pontianak Bakal Tambah Rute Internasional

Pergerakan penumpang dibandingkan 2016 lalu diakui Jon tumbuh 20 persen, dengan pertumbuhan pergerakan pesawat berkisar 10 persen.

Ia menyebut data yang ada menunjukkan rata-rata pergerakan penumpang mencapai 300 ribu penumpang perbulan.

Namun pada peak seasion jumlah penumpang melonjak hingga 400 ribu perbulan.

Baca: Intip Rute Internasional Yang Akan Hadir di Tahun 2018

"Kita ada beberapa rute baru dan tambahan flight. Pontianak cukup unik, sehingga setiap momen kita membuka posko untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa. Pada tahun baru lonjakan luar biasa, meskipun dilayani maskapai dengan rute yang ada kita masih memungkinkan dan potensial menambah jumlah penerbangan," ujarnya.

Berdasarkan data jumlah pergerakan penumpang sepanjang tahun 2017 lalu melampaui target. Dari Januari-Desember 2017, total penumpang yang singgah di Bandara Supadio tembus 3,7 juta orang. Angka tersebut juga melampaui catatan tahun 2016 dimana terdapat 3,4 juta penumpang yang mampir di Bandara Supadio.

Saat ini total area bandara ini akan mencapai luas 43 ribu meter persegi. Area parkir mampu menampung 600 mobil dan 100 bus.

Namun diakui Jon kapasitas yang ada baru terpakai sekitar 50 persen. Adapun fisik bagunan dan fasilitas yang terdapat di dalamnya semakin modern.

Tak hanya membangun fisik, pihaknya diakui Hon juga terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

"Angkasa Pura II, sejak 2014 lalu menambah satu direktur yang mana fokusnya kita tidak hanya melayani penumpang tetapi juga membuat penumpang happy. Sehingga dari turun happy, dan ada kesan meninggalkan bandara. Pola pikir sudah ke arah sana, saat ini kita sedang mengkaji bagaimana membuat custumer happy," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved