Curah Hujan Meningkat, Ini Arahan Kapolres Sambas Kepada Jajarannya

Wakapolres menegaskan agar personel Polres Sambas dan Polsek jajaran, untuk terlebih dahulu melakukan upaya penyelamatan atau evakuasi warga.

Curah Hujan Meningkat, Ini Arahan Kapolres Sambas Kepada Jajarannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Personel Polsek Paloh saat mengevakuasi warga Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kamis (11/1/2018) malam. Hujan deras yang turun pada siang hingga malam, sebabkan air sungai meluap hingga mengakibatkan air menggenangi jalan dan permukiman warga. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Wakapolres Sambas, Kompol Jovan Reagan Sumual mengungkapkan, oleh karena meningkatnya curah hujan yang berdurasi cukup lama dalam beberapa hari terakhir, di wilayah hukum Polres Sambas.

Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo telah menginstruksikan kepada jajaran personel Polres Sambas dan Polsek jajaran, untuk meningkatkan pengawasan dan koordinasi yang instensif, mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca: Bupati Sambas Presentasikan 4 Proyek Prioritas ke Ketua DPD RI, Apa Saja Ya

"Kami sudah memberikan arahan kepada seluruh personel Polres Sambas dan Polsek jajaran. Untuk memonitor situasi di wilayah masing-masing. Untuk mengantisipasi adanya terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, akses jalan tertutup, dan lain-lain. Karena seperti malam ini saja sudah turun hujan deras lagi," ungkapnya, Jumat (12/1/2018).

Baca: Air Genangi Pemukiman Warga di Tebas, Warga Sempat Khawatir

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Wakapolres menegaskan agar personel Polres Sambas dan Polsek jajaran, untuk terlebih dahulu melakukan upaya penyelamatan atau evakuasi warga.

"Keselamatan jiwa itu yang utama. Setelah itu langsung melaporkan kepada Kapolres atau Wakapolres dengan membuat laporan awal. Juga bisa memberdayakan Bhabinkamtibmas, untuk mengumpulkan dan menghimpun berbagai informasi dari warga masyarakat," jelasnya.

Baca: Genangan Air Tak Merata di Sempalai, Kades Ungkap Penyebabnya

Tak hanya itu saja, Kompol Jovan juga menegaskan kepada jajarannya untuk melaksanakan langkah awal penanganan, berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Baik pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan.

"Jika membutuhkan perkuatan personel atau bantuan dalam penanganan bencana, agar segera melaporkan. Sehingga bisa segera dikerahkan personel tambahan. Begitu pula untuk personel Satuan Sabhara, kami arahkan agar menyiapkan personel untuk on call, memback up jika sewaktu-waktu dibutuhkan, sesuai dengan petunjuk Kapolres atau Wakapolres," terangnya.

Kemudian untuk Satlantas, kami arahkan untuk memonitor ruas-ruas jalan utama, di wilayah hukum Polres Sambas.

"Saya tegaskan, personel kepolisian baik dari jajaran Polres Sambas maupun Polsek jajaran. Harus siap, jika sewaktu-waktu dibutuhkan warga masyarakat. Karena kondisi cuaca seperti ini harus kita antisipasi bersama. Kemudian bagi personel di lapangan, jangan lupa utamakan keselamatan, gunakan jas hujan, pakaian dinas, rompi, atau jaket Polri sebagai identitas. Agar warga masyarakat mudah untuk mengenali," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help