Cuaca Buruk, Beberapa Harga Sembako Mengalami Kenaikan

Selain beras, Azhari mengatakan, ada juga beberapa sembako lain yang mengalami kenaikan, misalnya minyak goreng dan gula.

Cuaca Buruk, Beberapa Harga Sembako Mengalami Kenaikan
Ilustrasi
sembako

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi 

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA – Harga sembako merangkak naik di awal tahun 2018, dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kayong Utara Azhari Asnand kenaikan beberapa jenis sembako ini disebabkan faktor alam, cuaca buruk, itensitas hujan yang cukup tinggi dan gelombang besar.

Seperti contohnya, harga beras yang biasanya seharga Rp 11.000 hingga Rp 11.500, naik menjadi Rp 12.500 hingga Rp 13.000 per- Kilogramnya.

"Kayong Utara juga masih memasukan pasokan beras dari luar wilayahnya. Dengan kondisi ombak besar dan angin ribut diperairan, secara otomatis susah untuk masuk,"terang Azhari, Jumat (12/1/2018).

Baca: Hildi Hamid Ingatkan PNS Tak Terlibat Politik Praktis

Dalam rangka menindaklanjuti kenaikan ini, dikatakan Azhari, pihak Disperindag menggandeng Bulog yang ada di Kabupaten Ketapang, dikarenakan Kabupaten Kayong Utara belum memiliki Bulog.

Selain beras, Azhari mengatakan, ada juga beberapa sembako lain yang mengalami kenaikan, misalnya minyak goreng dan gula.

Diakui Azhari Asnan, pada saat Disperindag melakukan pengecekan ke Pasar, para pedagang mengakui adanya kelangkaan dan kenaikan harga tersebut disebabkan keterlambatan pengiriman dari Pontianak.

Baca: Hujan Deras Hingga Sebabkan Banjir di Wilayah Kalbar, Ini Kata BMKG

"Karena sumber barang kita (Kayong Utara) ada 2, dari Ketapang dan Pontianak. Karena keadaan cuaca yang tidak tentu, curah hujan yang tinggi, gelombang besar dan angin kencang, mempengaruhi arus barang," ungkap Azhari.

Sementara itu, Badriah (35) warga Sukadana, mengakui memang ada kenaikan harga pada beberapa jenis sembako.

Dikatakannya, selain beras, gula dan minyak goreng, cabe juga mengalami kenaikan.

Namun, tukasnya lagi kenaikannya tidak begitu tinggi, hanya Rp 500 sampai Rp 1.000 rupiah

"Beras biasnya saya beli 11.500 naik menjadi 13.000 rupiah. Gula naik juga 1.000 Rupiah. Demikian juga cabe naik, sekarang 1 ons cabe saya beli 12.000 Rupiah. Mudah-mudahan cuaca cepat berubah, sehingga harga barang bisa normal kembali," harapnya. 

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help