Pelaksanaan RADPG Sintang Melibatkan 4 SKPD, Realisasinya Memasuki Tahapan Finalisasi

Selanjutnya akan dibuat sekretariat di tingkat Kabupaten Sintang untuk mengawal serta mencari sumber pembiayaan

Pelaksanaan RADPG Sintang Melibatkan 4 SKPD, Realisasinya Memasuki Tahapan Finalisasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Bappeda Sintang Kartiyus, Wakil Ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim dan Ketua Komisi C DPRD Sintang Heri Maturida saat memimpin dialog Lintas Sektoral terkait Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) Kabupaten Sintang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sintang Kartiyus menyampaikan bahwa terkait dengan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) Kabupaten Sintang saat ini sudah memasuki tahap finalisasi.

"Setelah ini kita akan dievaluasi oleh Tim RAD provinsi di Bappeda provinsi. Kemudian setelah itu nanti ditingkat nasional. Setelah selesai evaluasi baru kita Perbupkan," ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Sintang, Kamis (11/1/2018) siang.

Baca: Polres Sintang Aktifkan Tim Cyber Crime Guna Patroli Dunia Maya

Lanjutnya bahwa setelah RADPG tersebut kemudian dibuat dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup) Sintang. Selanjutnya akan dibuat sekretariat di tingkat Kabupaten Sintang untuk mengawal serta mencari sumber pembiayaan atau pendanaan RADPG.

"Kita galang dukungan dari berbagai pihak untuk kita menurunkan angka stunting ini. Sebenarnya merubah perilaku masyarakat tidak diperlukan anggaran besar. Tinggal komitmen pemimpin dimanapun dia bertemu mengingatkan tentang ini kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca: Pemdes Upayakan Ada Alokasi Dana Desa untuk Cegah Stunting

Ada beberapa instansi pokok yang tergabung di dalam RADPG, di antara Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Kertrans, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca: Sekda Kalbar Akui Kepemimpinan Cornelis-Christiandy Bawa Kemajuan Bagi Kalbar

"Kita bersyukur tim RADPG sendiri sudah satu visi dan persepsi tentang Stunting. OPD tadi sudah kita saksikan, mereka tau harus bagaimana. Jadi saya pikir semuanya sudah bisa menerjemahkan apa yang harus dilakukan untuk pencegahan stunting ini," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help