eSports Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018, Benarkah?

Tak hanya di Indonesia, rencananya eSports akan menjadi satu di antara cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2022 di Hangzhou.

eSports Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018, Benarkah?
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA

Laporan  wartawan Tribun Pontianak, Al Gunawan Pratama

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wow, kabarnya perusahaan internet raksasa Alibaba telah bekerja sama dengan Dewan Olimpiade Asia untuk membawa eSports ke Asian Games 2018, yang mana pagelaran olimpiade olahraga terbesar di Asia tersebut akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang.

Tak hanya di Indonesia, rencananya eSports akan menjadi satu di antara cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Pengumuman menarik tersebut dikabarkan langsung oleh anak perusahaan dari Alibaba sendiri yakni CEO Alisports, Zhang Dazhong dan presiden OCA, Ahmad Fahad Al-Sabah baru-baru ini di laman resmi mereka.

"OCA selalu berkomitmen kepada warisan, pengembangan, dan perbaikan olahraga Asia. Dan kami menantikan konsep olahraga masa depan dari Alisports, yang membantu kami dengan kekuatan dan pengalaman di esports," tutur Presiden OCA, Ahmad Fahad Al-Sabah, seperti yang dilansir PVPLive.

Baca: Ikuti Sparring Patner Bersama Timnas Panjat Tebing, Veddriq Buka Peluang ke Asian Games

Adapun game yang menjadi pilihan yang nantinya akan dipertandingkan ialah FIFA 2017, game bertipe moba (Dota 2 atau LoL), dan game bertipe RTS yang kemungkinan besar StarCraft 2.

Namun, seperti yang dilansir dari detikINET Meski berpartisipasi dalam Asian Games 2018, sayangnya pertandingan game nanti baru sebatas eksibisi. Artinya, atlet eSport nanti tidak bertanding untuk memperebutkan medali seperti cabang olahraga lainnya.

Sebenarnya, cabang eSport sudah mulai aktif diperkenalkan semenjak perhelatan 5th Asian Indoor and Martial Art Games (5th AIMAG) yang akan berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan pada bulan September 2017 lalu.

Penyertaan eSport ke ajang pesta olahraga terbesar kedua di dunia ini merupakan satu langkah maju sebelum esports dipertandingkan di olimpiade. 

Akankah atlet-atlet cabang olahraga elektronik Indonesia siap unjuk gigi dalam perhelatan tersebut. Patut kita nantikan guys !

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help