TribunPontianak/

Mau Nikah? Harus Ikut Bimbingan Dulu, Inilah Yang Dilakukan 18 Pasangan Di Pontianak

Sebelum pernikahan, pasangan pengantin lebih dulu di berikan bimbingan pra nikah, atau Penasehatan Perkawinan oleh BP4

Mau Nikah? Harus Ikut Bimbingan Dulu, Inilah Yang Dilakukan 18 Pasangan Di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/AL GUNAWAN
Petugas KUA dan Petugas Puskesmas Saat memberikan materi pada bimbingan pra nikah di KUA Pontianak Timur, rabu (10/01/2018) pagi. 

Laporan. Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.PONTIANAK - Sebanyak 18 calon pengantin mengikuti bimbingan pra nikah di KUA Pontianak Timur.

Sebelum pernikahan, pasangan pengantin lebih dulu di berikan bimbingan pra nikah, atau Penasehatan Perkawinan oleh BP4 (Badan Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan).

Setelah selesai mengikuti penasehatan, maka para pasangan akan mendapatkan sertifikat Penasehatan. Rabu (10/01/2018) pagi.

Bimbingan pra nikah ini terdiri dari 2 sesi, sesi pertama di isi dengan materi kesehatan reproduksi serta informasi kesehatan lain, dan yang kedua mengenai tata cara ijab kabul dan artinya serta tanggung jawab dan kewajiban suami istri.

Baca: Asiiik! Masyarakat Kini Bisa Minta Bantuan Polres Ketapang, Caranya Mudah Loh

Pada sesi pertama bimbingan di isi oleh petugas puskesmas dari Puskesmas Saigon. Materi yang diberikan antara lain kesehatan reproduksi,masalah kehamilan, penyakit sexsual, manfaat vaksin, manfaat asi ekslusif,.pilihan alat kontrasepsi, dan beberapa info.kesehatan lainnya.

Dalam sesi pertama, Saini seorang petugas kesehatan dari Puskesmas Saigon mengungkapkan dan mengingatkan bagi calon suami, bahwa sering terjadi kesalahpahaman mengenai usia kehamilan bagi pasangan baru.

"Saya kasi informasi ya, terkadang bagi pasangan yang baru menikah dan langsung hamil, terkadang usia kehamilannya lebih tua dibandingkan usia pernikahan. Misalnya nikahnya baru 3 minggu, pas di cek, ternyata sudah memasuki kehamilan 5 minggu. Itu normal ya. Bukan berarti istri kalian selingkuh ya" ungkapnya.

Baca: Wow, Peserta Bimbingan Pernikahan di KUA Pontianak Timur Membludak

Halaman
12
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help