TribunPontianak/

Pilgub Kalbar

KPU Terima 4 Bakal Pasangan Calon, Umi: Semuanya Lolos

Berkas lengkap dan sudah dibuat Berita Acara (BA). Keempat bapaslon melanjutkan ke tahap tes pemeriksaan kesehatan

KPU Terima 4 Bakal Pasangan Calon, Umi: Semuanya Lolos
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Umi Rifdyawati 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Umi Rifdyawati menerangkan sejak masa pendaftaran pencalonan pada 8-10 Januari 2018, pihaknya telah menerima berkas empat bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023. 

"Sepanjang tanggal 8-10 Januari, kami sudah menerima pendaftaran tiga bapaslon dari jalur partai politik dan gabungan partai politik. Lalu, satu dari jalur perseorangan. Jadi, empat bapaslon," ungkapnya kepada Tribun Pontianak usai menerima pendaftaran Karolin-Gidot di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Nomor 1 Pontianak, Rabu (10/1/2018) sore. 

Tiga bapaslon partai politik atau gabungan partai politik itu diantaranya Sutarmidji-Ria Norsan, Milton Crosby-Boyman Harun, dan Karolin Margret Natasa-Suryatman Gidot. Sementara itu, satu bapaslon independen yakni Kartius-Pensong. 

"Semua bapaslon dinyatakan lolos pendaftaran. Berkas lengkap dan sudah dibuat Berita Acara (BA). Keempat bapaslon melanjutkan ke tahap tes pemeriksaan kesehatan," terangnya. 

Kendati pendaftaran terakhir pada Rabu (10/1/2018) pukul 24.00 WIB, Umi menegaskan tidak memungkinkan lagi ada bapaslon yang mendaftar lagi lewat jalur partai politik atau gabungan partai politik. 

(Baca: Calon Perseorangan, Rudy Bachtiar-Mochrizal Dapat Dukungan Tiga Partai Ini )

"Total keseluruhan parpol atau gabungan parpol yang sudah daftar itu jumlah keseluruhannya sudah 61 kursi dari 65 kursi di DPRD provinsi Kalbar. Hanya tinggal tersisa 4 kursi, sedangkan 20 persen dari jumlah kursi DPRD Kalbar itu adalah sekurangnya 13 kursi. Tidak ada lagi yang bisa daftar," jelasnya. 

Begitu juga dengan jalur perseorangan. Sejauh ini hanya Kartius-Pensong yang sudah diverifikasi faktual. Setelah tahapan pendaftaran pencalonan, Umi menegaskan KPU akan melakukan pemeriksaan administrasi mulai 10-16 Januari. 

(Baca: Pemekaran Kapuas Raya, Ini Kata Karolin Margret Natasa )

"Nanti 17 Januari itu pemberitahuan. 18-20 mereka memperbaiki apabila ada yang belum lengkap dan akan diverifikasi lagi. Penetapan pasangan calon itu pada 12 Februari," terangnya.

Bapaslon yang lolos pendaftaran akan melanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. 

"Milton-Boyman dan Karol-Gidot akan menjalani tes kesehatan Kamis (11/1/2018) dan Jumat (12/1/2018)," tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help