Peringati HUT Satuan Pengamanan, Ini Amanat Kapolres Singkawang

Anggota satuan pengamanan memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha.

Peringati HUT Satuan Pengamanan, Ini Amanat Kapolres Singkawang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Kapolres Kota Singkawang, AKBP Yury Nurhidayat saat memimpin apel peringatan ke-37 HUT satuan pengamanan tahun 2017 di halaman Polres Singkawang, Jalan Firdaus, Selasa (9/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kapolres Kota Singkawang, AKBP Yury Nurhidayat mengatakan anggota satuan pengamanan memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara Indonesia.

Polri telah menerbitkan panduan induk kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi, perusahaan atau instansi.

"Dalam hal ini, Kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari 11 program prioritas yakni membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas," katanya saat menyampaikan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnavian, MA, PhD dalam apel peringatan ke-37 HUT satuan pengamanan tahun 2017 di halaman Polres Singkawang, Jalan Firdaus, Selasa (9/1/2018).

Peringatan ini mengangkat tema 'melalui peningkatan kompetensi kita wujudkan profesionalisme Satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja'.

Kapolres menegaskan, prioritas penyiapan anggota Satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing semakin mendesak untuk direalisasikan.

Khususnya pada 12 spesialis industrial security guna mengantisipasi inovasi security profesional asing.

Di antaranya bidang perawatan kesehatan, turisme, jasa logistik, e Asean, jasa angkutan udara, produk berbasis agro, barang-barang elektronik, perikanan, produk berbasis karet, tekstil dan pakaian, otomotif dan produk berbasis kayu.

"Saya ingin menegaskan, jangan sampai posisi jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional diduduki oleh orang asing," tegasnya.

Ia memberikan arahan kepada semua anggota satuan pengamanan khususnya di Kota Singkawang agar memelihara dan memantapkan komitmen moral.

Sebagai satu di antara pengemban fungsi kepolisian yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam.

Bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja.

Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi ditahun politik.

Meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan polisi dan instansi terkait di lapangan.

"Berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security," pesan Kapolres.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help