Seorang Pengendara Wanita Tewas Setelah Bertabrakan dengan Innova di Sambas

Korban atas nama Risma Elida (31), warga RT10/ RW 05, Dusun Maksari, Desa Sebawi, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.

Seorang Pengendara Wanita Tewas Setelah Bertabrakan dengan Innova di Sambas
Screenshot Facebook
Postingan akun Facebook Pawadi yang dibagikan akun Dha Dhank tentang kecelakaan maut antara pengendara sepeda motor dengan minibus Innova di Jalan Sultan Moh Tsyafiuddin, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Minggu (7/1/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Seorang pengendara wanita tewas, usai sepeda motor yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil minibus Innova di Jalan Sultan Moh Tsyafiuddin, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Minggu (7/1/2018) sekitar pukul 17.15 WIB.

Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo melalui Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra mengungkapkan, akibat kecelakaan nahas tersebut, pengendara sepeda motor Honda Vario berpelat nomor KB 6933 TA, meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke RSUD Sambas.

"Korban atas nama Risma Elida (31), warga RT10/ RW 05, Dusun Maksari, Desa Sebawi, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. Akibat kecelakaan tersebut, korban mengalami luka patah leher, perut luka lecet, kaki kanan patah dan tidak sadarkan diri. Korban akhirnya meninggal dunia setelah dibawa ke RSUD Sambas. Sedangkan pengemudi mobil Innova KB 1610 WH, HK (38), tidak mengalami luka. HK merupakan warga Siantan Tengah, Kota Pontianak," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (8/1/2018).

AKP Aditya menguraikan kronologis kecelakaan maut tersebut. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan saksi, bermula saat sepeda motor Honda Vario KB 6933 TA yang dikendarai Risma Elida melaju dari arah pertigaan Jalan Pembangunan menuju arah Pasar Sambas.

"Dengan kecepatan sekitar 60-70 Kilometer/jam, berjalan ke kiri dan ke kanan mendahului kendaraan yang berada di depannya," jelasnya.

Sesampainya di Jalan Raya Sultan Moh Tsyafiuddin, sepeda motor Honda Vario yang dikendarai Risma Elida berjalan ke sisi jalan sebelah kanan.

Pada saat bersamaan datang mobil Innova KB 1610 WH yang dikemudikan HK dari arah Pasar Sambas menuju pertigaan Jalan Pembangunan.

"Dari arah berlawanan datang mobil Innova KB 1610 WH dengan kecepatan sekitar 20-30 Kilometer/jam. Oleh karena jarak yang sudah dekat pada saat sepeda motor berjalan ke kanan, sehingga tak bisa lagi terelakkan. Terjadilah tabrakan atau kecelakaan yang mengakibatkan pengendara sepeda motor terjatuh di badan jalan, dan mengalami luka-luka," terangnya.

Korban kemudian langsung di bawa ke RSUD Sambas. Namun malang, nyawanya tak dapat tertolong.

"Korban meninggal dunia di RSUD Sambas. Kedua kendaraan mengalami kerusakan akibat tabrakan tersebut. Jenasah korban sudah dijemput pihak keluarga, sedangkan pengemudi Innova saat ini kami amankan di Polres Sambas," ujarnya.

Atas kejadian ini, Kasat Lantas mengimbau kepada pengguna jalan, agar selalu berhati-hati dalam berkendara dan mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

"Dari kejadian kecelakaan lalu lintas ini, kami imbau masyarakat harus lebih waspada dalam berkendara, khususnya di dalam kota. Jalan kita sudah bagus akan tetapi kita jangan lalai karena bagusnya jalan itu, sehingga kita sering kali berbuat pelanggaran atau kegiatan yang mengganggu aktifitas dalam berkendara, seperti menerima panggilan telepon saat berkendara atau balas SMS, atau pun mendahului kendaraan lain tanpa memperhitungkan jarak yang ada," paparnya.

Ditambahkan AKP Aditya, selain Safety Riding, pengendara juga harus memperhatikan faktor kelalaian dalam mengemudi dengan Defensive Riding, yaitu dengan menjaga jarak antar kendaraan.

"Kemudian konsentrasi penuh dalam berkendara, hindari hal-hal yang mengalihkan perhatian dalam berkendara, dengan menerapkan Defensive Riding. Dengan meningkatkan Self Awareness atau kewaspadaan diri terhadap sekitar saat berkendara, maka masyarakat dapat meminimalisir resiko terlibat kecelakaan dalam berkendara. Selalu berhati-hati dan menjaga jarak kendaraan. Saling menghormati sesama pengguna jalan. Ingat, keluarga menunggu anda dalam kondisi selamat di rumah," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help