TribunPontianak/

KPU Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Kubu Raya, Berikut Paslon Yang Segera Mendaftar!

"Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual untuk melihat dukungan dan sebaran yang disampaikan ke kami," ujarnya.

KPU Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Kubu Raya, Berikut Paslon Yang Segera Mendaftar!
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ADELBERTUS CAHYONO
Suasana pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya di Kantor KPU Kubu Raya, Jalan Adi Sucipto, Kubu Raya, Senin (8/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubu Raya mulai membuka pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya di Kantor KPU Kubu Raya, Jalan Adi Sucipto, Kubu Raya, Senin (8/1/2018).

Pendaftaran akan dibuka pada 8-10 Januari 2018, untuk tanggal 8 dan 9 pendaftaran dibuka Pukul 08.00-16.00 WIB. Sementara di hari terakhir, pendaftaran dibuka Pukul 08.00-00.00 WIB.

Baca: Sutarmidji-Ria Norsan Daftar Pilgub ke KPU Kalbar, Ini Foto-fotonya

Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar mengatakan, pendaftaran tersebut merupakan salah satu proses dari sejumlah rangkaian kegiatan dan tahapan yang dilakukan oleh KPU seluruh Indonesia di 121 daerah yang menggelar Pilkada pada 2018 ini.

Dia belum bisa memastikan akan ada berapa bakal pasangan calon yang akan datang mendaftar.

Baca: Partai Pendukung Rusman Ali, Resmi Usung Hamzah Tawil - Kohim Sebagai Pengganti Di Pilkada Kubu Raya

Namun, dia mengaku sudah mendapat konfirmasi dari sejumlah bakal pasangan calon yang akan mendaftar, antara lain pasangan Suronto-Alexander, Muda-Jiwo, Werry-HM Nasir, dan Hamzah Tawil-Kohim.

"Hari ini sendiri bakal pasangan calon yang mau mendaftar itu atas nama Pak Suronto berpasangan dengan Alexander yang maju melalui jalur perseorangan," katanya.

Karena terdapat mekanisme yang berbeda dari pasangan yang diusung oleh Partai Politik (Parpol), maka untuk pasangan yang diusung melalui jalur perseorangan akan diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dokumen dukungan pada 18-20 Januari 2018 apabila belum dapat memenuhi syarat minimal.

"Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual untuk melihat dukungan dan sebaran yang disampaikan ke kami," ujarnya.

Sesuai prosedur, semua bakal pasangan calon yang telah mendaftar diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit tingkat provinsi yang sudah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yakni RSUD Soedarso dan Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong.

Selain pemeriksaan kesehatan jasmani, para bakal pasangan calon juga diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan rohani atau kejiwaan yang akan dilakukan oleh HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

"Nanti juga akan dilakukan test urin dari BNN Provinsi, selanjutnya juga akan ditest di RSUD Soedarso mengenai fisik," jelasnya.

Dia mengimbau kepada para bakal pasangan calon untuk tidak membawa lebih dari 70 massa pada saat proses pendaftaran tersebut.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help