Ketua PWI: Di Indonesia Sawit Dimunculkan Selalu Masalahnya

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar Gusti Yusri menyebutkan bila di Malaysia, sawit diposisikan sebagai tanaman titipan dari Tuhan.

Ketua PWI: Di Indonesia Sawit Dimunculkan Selalu Masalahnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/NINA SORAYA
Ketua PWI Gusti Yusri memberikan sambutan dalam dalam kegiatan Workshop Jurnalistik 'Jurnalis Menguak Fakta Dibalik Indutri Kelapa Sawit', di Hotel Santika, Senin (8/1/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sawit menjadi komoditas unggulan tak hanya bagi Kalbar bahkan bagi Indonesia. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar Gusti Yusri menyebutkan bila di Malaysia, sawit diposisikan sebagai tanaman titipan dari Tuhan.

"Beda dengan Indonesia kalau bicara sawit yang dimunculkan adalah masalah dan masalah,"ungkapnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Workshop Jurnalistik 'Jurnalis Menguak Fakta Dibalik Indutri Kelapa Sawit', di Hotel Santika, Senin (8/1/2018).

Menurutnya isu isu negatif yang dimunculkan terkait sawit di antaranya masalah lingkungan. Karena sawit, katanya, disebutkan bikin tanah tidak subur. 

"Ada yang bilang, dulu tidak sawit kampung kami tidak banjir. Padahal tahun 1968 sawit tidak ada, banjir dahsyat juga," paparnya.

Persoalan lainnya saat ini produk turunansawit yang dihasilkan masih sangat terbatas hanya crude palm oil (cpo) dan masih sedikit produk minyak goreng. 

"Ingat 2020 diesel akan digantikan biodiesel. Dari mana sumbernya, kalau tidak dipersiapkan dari sekarang," katanya.

Indonesia merupakan produsen minyak sawt terbesar dunia atau sekitar 54 persen dari produkai minyak sawit dunia.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help