Pilgub Kalbar

Hanya Midji-Norsan Yang Lolos, Milton-Boyman Diminta Lengkapi Syarat Pendaftaran

Berdasarkan pemeriksaan pihaknya, KPU menikah berkas syarat pendaftaran Milton-Boyman lantaran ada beberapa syarat tidak ada.

Hanya Midji-Norsan Yang Lolos, Milton-Boyman Diminta Lengkapi Syarat Pendaftaran
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Antonius Situmorang Ketua Tim Kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 Milton Crosby dan Boyman Harun saat menerima pengembalian berkas pendaftaran untuk dilengkapi dari Ketua KPU Kalbar Umy Rifdiyawati di KPU Provinsi Kalbar di Jalan Subarkah, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (8/1/2018) siang. Berkas pendaftaran pasangan Milton - Boyman dinyatakan belum melengkapi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK dan surat keterangan dari Pengadilan Negeri terkait pernyataan tidak ada tanggungan hutang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Kalbar Umi Rifdyawati mengatakan hari ini KPU Kalbar menerima pendaftaran dua bakal pasangan calon (bapaslon) yakni Sutarmidji-Ria Norsan dan Milton Crosby-Boyman Harun.

Berdasarkan pemeriksaan pihaknya, KPU menikah berkas syarat pendaftaran Milton-Boyman lantaran ada beberapa syarat tidak ada.

"Bapaslon Milton-Boyman tidak melampirkan tanda bukti LHKPN dari KPK. Kemudian juga tidak ada surat keterangan bukti tidak memiliki hutang dari pengadilan negeri. Untuk itu dokumen tidak kami terima dan kami kembalikan untuk dilengkapi kembali," ungkapnya saat diwawancarai, Senin (8/1/2018).

Baca: Pilgub Kalbar - Saat Malaikat Ikut Aminkan Ucapan OSO ke Sutarmidji

Sementara itu, berkas syarat pendaftaran pencalonan Midji-Norsan telah lengkap dan ada. Berkas sudah memenuhi syarat ketentuan berlaku.

"Kami sudah mengeluarkan Berita Acara (BA) tanda terima pendaftaran bapaslon Midji-Norsan. Untuk bapaslon Milton-Boyman masih bisa mendaftar ulang, berkas kekurangannya harus dilengkapi terlebih dahulu," katanya.

Baca: Pilgub Kalbar - Gerindra Cium Upaya Gagalkan Milton-Boyman

Berdasarkan peraturan KPU, persyaratan pencalonan asal partai politik atau gabungan partai politik harus penuhi minimal kursi 20 persen di DPRD Provinsi atau suara sah.

Saat pendaftaran, dukungan parpol atau gabungan parpol saat mendaftar harus ditunjukkan dan sesuai dengan formulir B.1-KWK Parpol yang menunjukkan Surat Keputusan dari DPP untuk mengusung bakal pasangan calon dan ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help