Public Service

Bagaimana Cara Mendapatkan Penasihat Hukum Gratis

Silakan ajukan permohonan pendampingan hukum ke majelis hakim saat sidang perdana atau sebelum persidangan dimulai.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penasihat Hukum Gratis
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Tribun, bagaimana mendapatkan pendampingan hukum gratis, karena keluarga saya yang kurang mampu. Saat ini sedang terkena masalah dan suami ditahan oleh aparat kepolisian? Terima Kasih.
085241890XXX

Jika Ancaman Pidana Minim 5 Tahun

Untuk mendapatkan pendampingan hukum atau penasihat hukum dari Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri kelas 1 A Pontianak, satu di antaranya jika tersangka diancam dengan ancaman pidana penjara minimal 5 tahun.

Apabila perkaranya tersebut yang ancaman pidana penjara yakni 5 hingga 15 tahun, silakan ajukan permohonan pendampingan hukum ke majelis hakim saat sidang perdana atau sebelum persidangan dimulai.

Baca: Ahok Gugat Cerai Istrinya, Mantan Anak Buahnya Beberkan Kelakuan Veronica Tan Sesungguhnya

Namun jika perkara yang ancaman pidana penjaranya di atas 15 tahun seperti perkara narkotika, pembunuhan dan perlindungan anak, meskipun tidak diminta, nantinya majelas hakim yang akan memberikan pendampingan hukum dari seorang penasihat hukum/advokat yang tergabung di Posbakum Pengadilan Negeri kelas 1A Pontianak.

Saat ini cukup banyak atau lebih dari 10 advokat atau pengacara yang tergabung di Posbakum PN kelas 1 A Pontianak, dan pendampingan dari advokat Posbakum itu gratis, karena yang bayar negara.

Sumber: Humas Pengadilan Negeri 1 A Pontianak, Sutarmo SH M Hum

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help