2018, ASITA Kalbar Target Launching Konsorsium Tour ASITA

Program kerja kedua yaitu advokasi terhadap persoalan-persoalan bisnis baik sesama anggota ASITA maupun dengan mitra usaha.

2018, ASITA Kalbar Target Launching Konsorsium Tour ASITA
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Kalbar, Nugroho Henray Ekasaputra 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kalimantan Barat (Kalbar) pada 2018 menargetkan terbentuknya Konsorsium Tour ASITA.

Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Kalbar, Nugroho Henray Ekasaputra mengatakan nantinya anggota Konsorsium Tour ASITA adalah anggota ASITA Kalbar yang bersedia bergabung.

"Konsorsium Tour ASITA Konsorsium kita targetkan paling lambat awal bulan Februari sudah kita launching. Pada 2018 program kerja prioritas ASITA Kalbar pertama fokus pada sinergi, kedua edukasi dan ketiga advokasi," ujar Henray kepada Tribun Pontianak pada Minggu (7/1/2018).

Baca: Arief Rinaldi Resmi Nahkodai KNPI Kabupaten Mempawah

Henray menjelaskan merupakan program kerja pertama yaitu membentuk sinergi bisnis untuk mengembangkan usaha diantara anggota ASITA bentuknya bisa konsorsium, koperasi atau pameran.

Program kerja kedua yaitu advokasi terhadap persoalan-persoalan bisnis baik sesama anggota ASITA maupun dengan mitra usaha.

Baca: Genapkan Karya, Satu Lagi Penulis Lokal Kalbar yang Akan Meluncurkan Buku

"Ada dua program yang di upayakan ASITA Kalbar untuk sinergi yaitu pembentukan Konsorsium Tour ASITA dan ASITA Travel Fair. Ketiga program kerja kita edukasi anggota guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha bentuknya bisa workshop, seminar dan lainnya," ujar Henray.

Semuanya kata Henray merupakan upaya ASITA mencapai tujuan meningkatkan citra pariwisata Indonesia dan meningkatkam peran para anggota sebagai pelaku utama pariwisata nasional yang berdaya saing global. Ia juga mengaku dengan terbentuknya Konsorsium Tour ASITA akan mempengaruh terhadap stabilitas harga. "Benefitnya dengan adanya Konsorsium Tour ASITA tidak terjadi perang harga diantara anggota ASITA dan bisa menjaga mutu produk" ujarnya.

Henray mengatakan di beberapa negara mereka mengemas paket wisata sendiri dan mempromosikan sendiri. Promosi juga dilakukan dengan mengikuti pameran-pameran dan membangun jaringan travel agent, selain itu diakuinya ada juga yangg membentuk konsorsium. Ia mengatakan kedepannya akan intens menjalin komunikasi yang baik dengan anggota dan juga maskapai.

Pada 2017 lalu Garuda Indonesia bersama ASITA juga menggelar pertemuan untuk membuat program yang bisa saling menguntungkan dan membawa kemajuan bagi Pariwisata Kalbar.

Garuda Indonesia dalam hal ini sangat mendorong anggotanya membuat paket-paket wisata di destinasi wisata yang ada di Kalbar seperti destinasi Danau Sentarum, Betung Kerihun dan beberapa destinasi lainnya di Melawi.

"Kalau maskapai pasti dukung selama ada jalur rute penerbangannya ke daerah destinasi," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help